Kenalkan Fitur Belanja, Instagram Bakal Saingi Tokopedia

Liberty Jemadu
Kenalkan Fitur Belanja, Instagram Bakal Saingi Tokopedia
Aplikasi Instagram pada sebuah ponsel pintar bersistem Android (Shutterstock).

Sejumlah analis ragu apakah pengguna akan mau memercayakan informasi kartu kredit mereka pada Instagram atau Facebook yang sering ceroboh menyimpan data pribadi.

Suara.com - Instagram pada pekan ini memperkenalkan fitur baru untuk berbelanja, sebuah langkah yang tampaknya akan mengubah media sosial itu menjadi pesaing Amazon, Alibaba, hingga Tokopedia.

Fitur yang diperkenalkan pada Selasa (19/3/2019) itu berwujud sebuah tombol "Checkout" dan masih dalam versi beta. Saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat.

"Kami memperkenalkan Checkout di Instagram. Ketika pengguna menemukan produk yang disukainya, ia bisa langsung membelinya tanpa harus meninggalkan aplikasi," jelas Facebook, perusahaan pemilik Instagram, seperti dilansir AFP.

Saat ini ada sejumlah merek ternama seperti Adidas, Burberry, Dior, H&M, Nike, Prada, dan Warby Parker, yang bekerja sama dengan Instagram dalam fitur belanja ini.

Facebook bersama anak perusahaannya seperti Instagram selama ini dikenal mengumpulkan pundi-pundi dari iklan. Tetapi mendirikan sebuah e-commerce tampaknya tak akan menjadi urusan mudah.

Sejumlah analis menilai tak akan mudah bagi pengguna untuk memercayakan informasi sensitif seperti kartu kredit kepada Instagram atau Facebook yang dikenal ceroboh dalam menyimpan data pribadi pengguna.

Juga belum diketahui apakah fitur belanja Instagram itu akan tersedia di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, atau tidak. Jika iya, maka Instagram harus siap melawan pemain-pemain besar lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS