Makin Mudah, Pesan Tiket Pesawat Kini Bisa Lewat Chat WhatsApp

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Makin Mudah, Pesan Tiket Pesawat Kini Bisa Lewat Chat WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp dan uang [Shutterstock]

Chatbot menjadi "staf" penjawab pemesanan. Reservasi menggunakan tautan di luar WhatsApp.

Suara.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp kini bisa dipakai untuk memesan tiket pesawat langsung melalui chat. Namun untuk saat ini, baru maskapai Spirit Airlines saja yang bersedia memberikan pemesanan tiket lewat WhatsApp.

Sebagai informasi, Spirit Airlines adalah maskapai penerbangan kelas ekonomi karena bertarif rendah. Layanan pembelian tiket lewat WhatsApp ini bisa dilakukan mulai pekan depan, 1 September 2019.

Ilustrasi calon penumpang di bandara [Shutterstock]
Ilustrasi calon penumpang di bandara [Shutterstock].

Sebagaimana diwartakan oleh laman Fox Business pada Kamis (28/8/2019), maskapai yang bermarkas di Miramar, Florida, Amerika Serikat ini mengizinkan pengguna pesan tiket lewat WhatsApp, dengan catatan calon penumpang bakal dikenai biaya 25 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 340 ribu untuk setiap pemesanan tiket.

Editor Senior Bidang Aviasi di web riset Skift, Brian Sumers mengatakan bahwa mahalnya biaya pemesanan tiket pesawat via WhatsApp adalah sebuah kewajaran.

"Saya tidak heran kalau Spirit (Airlines) menambah biaya pemesanan untuk tiap transaksi. Selama bertahun-tahun, maskapai ini ingin keluar dari bisnis dengan memesan agen perjalanan untuk penumpang, dan itu mahal," imbuh Brian Sumers.

Secara terpisah, Spirit menjelaskan alasan penambahan biaya yang dibebankan kepada pemesan tiket pesawat.

"Para pelanggan mengatakan, mereka lebih memilih untuk berkomunikasi dengan layanan yang nyaman dan familiar seperti WhatsApp," jelas Vice President Sales and Marketing Spirit Airlines, Bobby Schroeter.

Bobby Schroeter mengklaim bahwa penggunaan WhatsApp untuk memesan tiket pesawat merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan pengalaman para penumpang.

Secara teknis, fitur WhatsApp ini dirancang dengan bantuan dari perusahaan teknologi global LiveStream yang menghubungkan calon penumpang dengan perusahaan lewat chatbot.

Chatbot inilah yang akan menyediakan informasi dasar mengenai rencana perjalanan sebelum menghubungkan pelanggan dengan pihak maskapai.

Selanjutnya, chatbot akan mengirimkan tautan yang membawa konsumen ke luar dari aplikasi WhatsApp dan menyelesaikan proses reservasi, sehingga transaksi pembayaran lebih aman.

"Saya melihat banyak manfaat (dari upaya ini). Pengguna tidak perlu menelepon. Maskapai bertarif rendah biasanya memiliki sedikit staf dan akan butuh waktu lama sebelum agen menjawab pertanyaan konsumen," puji Brian Sumers.

Di sisi lain, Spirit Airlines juga berencana menerapkan inovasi lainnya, yakni memasang WiFi di seluruh armada pesawatnya pada 2021 nanti agar para penumpang bisa terkoneksi dengan internet, meskipun mereka sedang dalam penerbangan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS