alexametrics

Pengakuan Nelayan Gunakan Aplikasi Laut Nusantara

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Pengakuan Nelayan Gunakan Aplikasi Laut Nusantara
Aplikasi Laut Nusantara. [Google Play Store]

Aplikasi Laut Nusantara yang dirilis XL Axiata kembali mendapat pembaruan fitur.

Suara.com - Aplikasi Laut Nusantara yang dirilis XL Axiata pada 29 Agustus 2018 kembali mendapat pembaruan fitur, yang semakin memudahkan nelayan di wilayah Indonesia menangkap ikan.

Berkat fitur lokasi yang menunjukkan keberadaan ikan, para nelayan kini dapat dengan mudah menemukan ikan di lautan. Manfaat dari aplikasi ini telah dirasakan oleh para nelayan, khususnya di daerah Jembrana, Bali.

Bahkan, seorang nelayan bernama Rustam mengaku mendapat hasil tangkapan sebanyak dua kali lipat.

"Untuk menjaring ikan, biasanya dibantu dengan perahu penjaring karena perahu saya kecil dan tidak memiliki jaring yang lebar. Lalu bagi hasil. Biasanya hanya dapat 100 kilogram atau 2 kwintal, tapi sekarang berkat aplikasi Laut Nusantara bisa hampir 2 ton," ucap Rustam, nelayan asal Banyuwangi, dalam pernyataannya pada acara pengenalan fitur baru aplikasi Laut Nusantara di Jembrana, Bali, Kamis (29/8/2019).

Baca Juga: XL Axiata Beberkan Persiapan untuk Ibu Kota Baru

Rustam mengaku bahwa awalnya ia bertanya-tanya mengenai aplikasi Laut Nusantara, hingga akhirnya penasaran dan memutuskan untuk mengunduhnya. Dengan hadirnya aplikasi tersebut, ia sadar bahwa dirinya hidup di zaman teknologi dan harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

Meski begitu, masih banyak rekan nelayannya yang tak percaya dengan aplikasi tersebut.

Peluncuran fitur baru aplikasi XL Axiata dalam aplikasi Laut Nusantara di Bali, Kamis (29/8/2019). [Suara.com/Lintang Siltya Utami]
Peluncuran fitur baru aplikasi XL Axiata dalam aplikasi Laut Nusantara di Bali, Kamis (29/8/2019). [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

"Teman-teman nelayan lain tidak mau pakai aplikasi karena mereka lebih memilih bertanya ke teman lainnya atau ke datuk. Padahal aplikasi ini dangat membantu karena titik keberadaan ikannya sangat akurat," tambahnya.

Untuk saat ini, aplikasi Laut Nusantara sendiri telah memiliki sebanyak 15 ribu pengguna aktif dari kalangan nelayan. XL Axiata menargetkan hingga akhir tahun 2019 akan ada sekitar lebih dari 20 ribu nelayan yang menggunakan aplikasi Laut Nusantara.

Baca Juga: XL Axiata Tambah Fitur Baru Aplikasi Laut Nusantara

Komentar