Terungkap! Ini Alasan iPhone 11 Pro Punya Tiga Kamera

Dythia Novianty
Terungkap! Ini Alasan iPhone 11 Pro Punya Tiga Kamera
CEO Apple Tim Cook memperkenalkan iPhone 11 Pro saat peluncuran resminya di Cupertino, Calilfornia, Amerika Serikat, (11/9/2019) dini hari WIB. [YouTube/@Apple]

iPhone 11 Pro memiliki tiga kamera belakang.

Suara.com - Apple baru saja secara resmi merilis jajaran iPhone 11. Salah satu yang menarik dari iPhone 11 Pro adalah tiga kamera di belakang perangkat.

Tiga kamera di belakang sebenarnya bukan hal baru. Tapi Apple punya alasan sendiri mengapa ikut menngadopsi langkah ini.

Semakin banyak cahaya yang dikumpulkan, semakin baik gambar Anda. Sebelumnya, Apple menunjukkan iPhone 11 dengan dua kamera, yang "membuang" telefoto untuk lensa ultra-lebar.

Tetapi iPhone Pro memiliki lebar asli, ditambah ultrawide dan telefoto, opsi optikal yang mencakup kira-kira setara 35mm dari 13mm, 52mm dan 26mm.

"Dengan tiga kamera ini Anda memiliki kontrol kreatif yang luar biasa. Ini sangat pro, Anda akan senang menggunakannya," kata Phil Schiller dari Apple selama presentasi di atas panggung, dilansir dari Techcrunch.

Sebelumnya, lensa telefoto bekerja dengan kamera sudut lebar untuk menghasilkan efek mode potret atau mengambil alih ketika pengguna memperbesar gambar. Dengan menggabungkan informasi dari kedua kamera tersebut, yang memiliki perspektif sedikit berbeda, perangkat dapat menentukan data kedalaman, yang antara lain memungkinkannya mengaburkan latar belakang melewati titik tertentu.

Lensa ultra-lebar menyediakan lebih banyak fitur, tidak hanya meningkatkan akurasi mode potret. Satu hal yang menyenangkan tentang sudut lebar pada sensor khusus dan sistem kamera adalah pembuatnya dapat membangun banyak koreksi sehingga Anda tidak mendapatkan banyak distorsi di sudut atau tengah.

Pada dasarnya, untuk pengambilan gambar optimal Anda masih harus sedikit mundur, karena menggunakan lensa ultra lebar pada wajah memberikannya tampilan yang aneh.

Meskipun kita semua terbiasa dengan gerakan pinch-to-zoom-in, apa yang biasanya Anda lakukan saat melakukan zoom digital, hanya melihat lebih dekat pada piksel yang sudah dimiliki. Namun, dengan zoom optik, Anda beralih di antara potongan kaca berbeda dan, dalam hal ini, sensor yang berbeda, membuat Anda lebih dekat ke obyek tanpa menurunkan kualitas gambar.

Satu hal yang menyenangkan tentang ketiga lensa ini adalah bahwa mereka telah dipilih dengan cermat untuk bekerja bersama dengan baik. Anda mungkin memperhatikan bahwa ultra-lebar 13mm, lebarnya dua kali lipat 26mm dan telefoto dua kali lipat 52mm.

iPhone 11 Pro saat peluncuran resminya di Cupertino, Calilfornia, Amerika Serikat, (11/9/2019) dini hari WIB. [AFP/Josh Edelson]
iPhone 11 Pro saat peluncuran resminya di Cupertino, Calilfornia, Amerika Serikat, (11/9/2019) dini hari WIB. [AFP/Josh Edelson]

Faktor 2x sederhana membuatnya mudah bagi pengguna untuk memahami. Dan seperti yang disebutkan Schiller di atas panggung, "kami benar-benar memasangkan tiga kamera tepat di pabrik, mengkalibrasi untuk fokus dan warna."

Tidak hanya itu, ketika memotret dengan kamera lebar, itu akan berbagi informasi dengan dua kamera lainnya, jadi ketika Anda beralih ke mereka, mereka sudah fokus pada titik yang sama, memotret pada kecepatan dan eksposur yang sama, putih menyeimbangkan dan sebagainya. Proses pengalihan sebagian besar berjalan mulus, bahkan saat merekam video.

Perbaikan Apple pada sistem kamera iPhone tahun ini sama sekali tidak semudah perpindahan dari satu ke dua kamera yang dibuat oleh sebagian besar industri beberapa tahun lalu. Tetapi pengaturan lebar, tele, dan ultra lebar adalah hal umum untuk fotografer, dan tidak diragukan lagi akan terbukti bermanfaat bagi semua orang yang membeli solusi perangkat tunggal yang agak mahal ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS