Inggris Siap Luncurkan Robot Penjelajah Bulan Pertama pada 2021

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Inggris Siap Luncurkan Robot Penjelajah Bulan Pertama pada 2021
Ilustrasi Bulan. (Shutterstock)

Inggris segera meluncurkan robot penjelajah Bulan (moon rover) pertamanya.

Suara.com - Inggris segera meluncurkan robot penjelajah Bulan (moon rover) pertamanya pada Juli 2021 mendatang. Robot berkaki empat dengan bobot 1 kilogram tersebut dibuat oleh Spacebit yang berbasis di London.

Sebagaimana dilansir laman Space.com, robot yang disebut Astrobotic itu akan diluncurkan dengan roket Vulcan Centaur baru dari United Launch Alliance serta pendarat Peregrine.

"Kami sangat bersemangat untuk menerbangkan misi ini dengan Astrobotic. Misi ini akan menghasilkan muatan pertama dari Inggris untuk mencapai permukaan Bulan dan menandai era baru dalam eksplorasi ruang angkasa untuk Inggris," ucap Pavlo Tanasyuk, CEO Spacebit.

Astrobotic akan bergerak setidaknya 10 meter di di permukaan Bulan dan merekam video beresolusi tinggi selama 10 hari kemudian mengirimkan data-data tersebut ke Bumi. Wilayah yang akan dijelajahi Astrobotic disebut berada di area yang akan dijadikan tempat pemukiman manusia di Bulan.

Kendaraan enam roda Rover, siap "mengaspal" di Planet Merah [Shutterstock].
Kendaraan enam roda Rover, siap "mengaspal" di Planet Merah [Shutterstock].

Jika robot penjelajah Bulan itu dapat mendarat dengan sempurna, maka itu akan menjadi sejarah baru bagi dunia. Mengingat saat ini pendaratan di Bulan yang sukses hanya berhasil dilakukan oleh badan-badan luar angkasa pemerintah dari tiga negara adidaya, yaitu Uni Soviet, Amerika Serikat, dan China.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS