Alexa

Dua Kali ke Tangkuban Perahu, Benar-benar Mengesankan

Siswanto
Dua Kali ke Tangkuban Perahu, Benar-benar Mengesankan
Tangkuban Perahu [Madeleine Quirk]

Tangkuban Perahu merupakan obyek wisata menarik.

Suara.com - Tangkuban Perahu atau Gunung Tangkuban Perahu merupakan obyek wisata yang terletak di Bandung Utara, kira-kira satu jam setengah dari Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda, tempat wisata ini disebut Tangkuban Parahu.

Di Gunung Tangkuban Perahu ada tiga pemandangan menarik yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

Sampai sekarang gunung ini masih aktif. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2013. Meskipun begitu gunung tersebut biasanya aman untuk dikunjungi.

Dua Kali ke Tangkuban Perahu, Benar-benar Mengesankan - 1

Asal-usul nama Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang. Cerita ini berasal dari Jawa Barat. Gunung tersebut terlihat seperti perahu terbalik. Ceritanya tentang perempuan bernama Dayang Sumbi dan anak laki-lakinya Sangkuriang. Sangkuriang, yang tidak patuh ibunya, harus membuat telaga dan perahu dalam satu malam. Akan tetapi, Sangkuriang gagal memenuhi syarat. Akibatnya dia menendang perahu dan terbalik.

Pada tahun 2014, saya mengunjungi Tangkuban Perahu. Waktu itu pada bulan Juli. Mungkin karena musim kemarau pada bulan itu, visibilitas sangat bagus. Awal 2016, saya berkunjung kembali ke sana. Pada hari Sabtu itu, cuaca hujan dan berkabut.

Saya terkesan dengan masih banyak toko-toko kecil di sana. Juga, karena hujan, tidak ada bau belerang dari dalam kawah. Pada cuaca panas, kadang-kadang bau belerang terasa menyengat hidung.

Dua Kali ke Tangkuban Perahu, Benar-benar Mengesankan - 2

Biaya parkir mobil pribadi Rp25 ribu, bus Rp110 ribu, dan sepeda motor Rp12 ribu pada hari Senin sampai Jumat. Akhir minggu biaya parkir mobil Rp35 ribu, bus Rp150 ribu, dan motor Rp17 ribu.

Untuk wisatawan asing seperti saya, harus membayar Rp307 ribu untuk masuk tempat wisata tersebut. [Madeleine Quirk]

Dua Kali ke Tangkuban Perahu, Benar-benar Mengesankan - 3

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet. Isi tanggungjawab penulis.

Kirim karya anda ke email yoursay@suara.com

loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS