Jangan Mau Dilecehkan, Pelajari Cara Mencegahnya

Fabiola Febrinastri
Ilustrasi kekerasan seksual (Shutterstock).
Ilustrasi kekerasan seksual (Shutterstock).

Lebih dari 60 persen kasus kekerasan seksual terjadi di dalam rumah.

Suara.com - Pelecehan seksual merupakan salah satu kasus kejahatan yang masih sering terjadi di Indonesia. Pelecehan seksual sendiri merupakan suatu tindakan yang bersifat seksual dan hanya diinginkan oleh satu pihak, atau tidak diinginkan oleh sasaran, sehingga mengakibatkan reaksi negatif oleh sasaran, karena dianggap merendahkan harga diri dan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Tindakan seksual dapat berupa fisik, seperti meraba, menyentuh bagian sensitif seseorang, atau bahkan menyerang atau memperkosa. Selain itu, tindakan seksual juga dapat berupa non fisik, seperti memberikan panggilan atau siulan yang bersifat menggoda, memberikan isyarat seksual, memberikan gurauan yang mengandung unsur seksual, memberikan sesuatu pesan atau rekaman yang dapat dianggap merendahkan orang lain dan masih banyak lagi.

Pelecehan seksual dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Bukan hanya di jalan, di tempat umum atau di lingkungan kerja, pelecehan seksual pun kerap terjadi di dalam rumah sendiri. Menurut Marina Amirruddin, Ketua Subkomisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan, lebih dari 60 persen kasus kekerasan seksual terjadi di dalam rumah, dengan pelaku ayah, paman, atau suami sendiri.

Menurut tirto.id, di Indonesia sendiri jumlah kekerasan terhadap perempuan pada 2011-2015 meningkat. Pada 2011, jumlah kekerasan terhadap perempuan tercatat 119.107 kasus dan meningkat hingga mencapai 321.752 kasus pada 2015. Pada 2016, jumlahnya turun menjadi 259.150 kasus.

Kasus-kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh anggota keluarga sendiri patut untuk lebih diperhatikan, karena dapat bedampak buruk terhadap para korban seperti :
• Depresi
Depresi merupakan salah satu efek jangka pendek. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka korban akan terus menyalahkan dirinya sendiri dan merasa tak berguna, sehingga berakhir dengan bunuh diri.

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet.
Isi tanggungjawab penulis.

Kirim karya anda ke email [email protected]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS