Urgensi Peran Linguistik Forensik dalam Proses Interogasi Polisi

Fabiola Febrinastri
Urgensi Peran Linguistik Forensik dalam Proses Interogasi Polisi
(Shutterstock)

Di Indonesia, beberapa bentuk bukti linguistik forensik digunakan di pengadilan.

Suara.com - Hukum dan bahasa adalah interdisipliner ilmu dan tidak dapat dipisahkan. Dalam hubungan ini, bahasa memainkan peranan dasar dalam keberadaan hukum. Dengan kata lain, tidak ada hukum tanpa bahasa, karena peran bahasa diperlukan untuk keberadaan hukum itu sendiri.

Sebagai contoh, dalam proses investigasi oleh penyidik polisi, bahasa berperan penting dalam segala bentuk perintah “tutur”, seperti mempertanyakan tersangka, memberikan kesaksian, menuliskan pengakuan, menilai bukti dan membantahnya.

Investigasi dalam interogasi polisi adalah mencoba memahami bagaimana gerakan dan emosi bicara seseorang terkait dengan pengakuan tersangka. Bahasa yang digunakan oleh para penyidik dan tersangka merujuk pada metode pengumpulan informasi, yaitu menggali keberanan data.

Demikian juga ahli bahasa forensik atau yang kita kenal Linguistik Forensik. Analisis linguistik digunakan untuk mempelajari dan menemukan ambiguitas pernyataan dari para tersangka melalui rekonsiliasi proses berpikir dan berkomunikasi seseorang. Analisis linguistik juga digunakan oleh peneliti untuk membuat sebuah gambaran jelas tentang suatu makna yang tersembunyi, sebelum akhirnya mengerucut kearah kesimpulan.

Intinya di sini,peranan linguistik yang berkaitan dengan produksi analisis bahasa untuk para penyidik sangat penting. Dalam banyak kasus, mereka (penyidik) tidak berpikir atau melakukannya sendiri.

Lebih penting lagi dan lebih dalam lagi terkait dengan “hidden meaning” atau makna yang tersembunyi, mereka tidak memiliki kerangka kerja dan pengalaman linguistik dalam mengidentifikasi perbedaan dalam dialog yang tidak jelas.

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet.
Isi tanggungjawab penulis.

Kirim karya anda ke email yoursay@suara.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS