Ayo Wujudkan Kualitas Air Bersih di Jayapura agar Layak Konsumsi!

Fabiola Febrinastri
Ayo Wujudkan Kualitas Air Bersih di Jayapura agar Layak Konsumsi!
Ilustrasi air bersih (shutterstock)

Dalam peraturan, septic tank paling tidak berjarak 10 meter dari sumber air.

Suara.com - Jayapura, sebuah kota yang terletak di ujung timur, yang dinobatkan sebagai “Ibu Kota Provinsi Papua”. Kemajuan dalam segala aspek pun terus saja berkembang, sehingga akses air bersih di kota maupun Kabupaten Jayapura masih terjamin.

Hampir seluruh warga di kota/kabupaten Jayapura sudah merasakan air bersih, karena bisa didapatkan melalui PDAM/PAM, sumur galian listrik, sumur timba, dan masih banyak lagi.

Tetapi siapa yang tahu bahwa tidak semua air bersih yang didapatkan merupakan air yang berkualitas baik untuk kesehatan? Perlu adanya monitoring khusus terhadap kualitas air bersih di kota/kabupaten Jayapura ini.

Pada 2016, dalam rangka penyehatan lingkungan, dilakukan pemantauan kualitas air bersih dengan pemeriksaan beberapa sampel yang diambil dari 8 sampel air depot air minum (DAM), atau yang sekarang disebut PDAM. Sebanyak 4 sampel dinyatakan positif mengandung bakteri Escherichia coli dan Coliform.

Pada sejumlah sarana air bersih juga diberlakukan pemeriksaan pada sarana perpipaan dan sarana sumur gali sebanyak 107 sampel dan 99 sampel dinyatakan positif mengandung bakteri Escherichia coli dan Coliform. Itu adalah bukti, belum tentu air yang menurut kita bersih, layak untuk dikonsumsi.

Escherichia coli merupakan bakteri yang dapat menyebabkan diare, biasanya karena air terkontaminasi oleh limbah tinja. Pemantauan kualitas air bersih ini menunjukkan bahwa beberapa dari sumber air bersih di Kota/Kabupaten Jayapura sudah terkontaminasi oleh bakteri penyebab diare.

Jika air positif tercemar Escherichia coli , maka kemungkinan karena jarak antara septic tank dengan sumber air dibuat sangat dekat. Dalam peraturan, septic tank paling tidak berjarak 10 meter dari sumber air.

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet.
Isi tanggungjawab penulis.

Kirim karya anda ke email yoursay@suara.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS