Algoritma Bahasa Personifikasi Presiden Jokowi

Fabiola Febrinastri
Algoritma Bahasa Personifikasi Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Struktur pidatonya membuktikan bahwa ia memiliki kepercayaan diri untuk menjadi wakil rakyat.

Suara.com - Linguistik fungsional memandang bahasa sebagai bahasa alami dan bahasa verbal. Artinya, bahasa tersebut tidak terbentuk secara semiotik melainkan melalui sebuah kompetensi.

Linguistik fungsional sendiri membagi tata bahasa menjadi beberapa unit, yaitu klausa, frasa, kata dan morfem.

Hal ini lebih dikenal sebagai parts of speech. Makna di balik ini, secara lebih rinci dibahas dalam bukunya, Pennebaker The Secreet Life of Personal Pronouns.
Kali ini, penulis akan berbicara terkait dimensi bahasa atau dalam text software dikenal sebagai Algoritma Bahasa.

Menurut Halliday, dimensi bahasa dibagi menjadi lima dimensi, yaitu struktur, sistem (urutan paradigmatik), stratifikasi, penyontohan dan metafungsi. Dimensi struktur berprinsip pada tataran klausa, group atau frasa, kata, morfem.

Dimensi sistem atau urutan paradigmatik berprinsip pada kedalaman analisis, yaitu pada leksikogramatika. Dimensi selanjutnya yaitu dimensi stratifikasi yang berprinsip pada realisasi, berurutan pada hal semantik, leksikogramatika, fonologi dan fonetik.

Dimensi keempat yaitu dimensi penyontohan, yang berprinsip pada penyontohan contoh dalam konteks bahasa. Dimensi terakhir adalah dimensi metafungsi, yang berprinsip pada ideasional dan interpersonal tekstual.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin sedikit mengulas tentang sebuah analisis bahasa dari perspektif algoritma bahasa melalui sudut pandang dimensi sistem (paradigmatik). Secara khusus, penulis mengeksplorasi sebuah kebahasaan melalui dimensi dan tiga algoritma bahasa text software: Analytical Thinking, Clout, dan Authentic.

Yoursay adalah tulisan, foto atau video karya warganet.
Isi tanggungjawab penulis.

Kirim karya anda ke email yoursay@suara.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS