Menebak Hubungan Lirik Lagu dan Suicide Notes dari Tewasnya Seorang Siswa

febrinastri
Menebak Hubungan Lirik Lagu dan Suicide Notes dari Tewasnya Seorang Siswa
Ilustrasi bunuh diri (Shutterstock).

Penulis tertarik untuk mengulik kejadian tersebut dari disiplin bahasa forensik.

Suara.com - Tewasnya seorang mahasiswa S2 ITB, bernama Muhtar Amin (25), menjadi berita utama di beberapa media online Tanah Air dan menyita banyak perhatian. Sejak berita tersebut diturunkan, banyak asumsi yang beredar tentang penyebab kematian pemuda berusia 25 tahun tersebut.

Muhtar tewas usai ia gantung diri di kusen pintu kamar kosnya. Kejadian tersebut langsung ditangani oleh pihak kepolisian dengan menggali keterangan dari para saksi, olah TKP dan lainnya untuk mencari terang kasus tersebut.

Dari sudut pandang yang berbeda, penulis tertarik untuk mengulik kejadian tersebut dari disiplin bahasa forensik. Penulis akan berangkat dari dua sumber teks yang berbeda, yaitu teks lagu dan teks yang korban tulis dan tinggalkan di tempat kejadian perkara (TKP).

Pertama, teks yang korban tuliskan hanya terdiri dari 9 kata. Artinya kalimat tersebut cukup singkat.

Teks yang korban tulis menggunakan Bahasa Inggris. Dengan menggunakan teks ini, penulis akan menitik beratkan pada beberapa fitur bahasa dan dimensi, diantaranya yaitu authenticity, emotional tone, negative emotion, certain, motives, dan fokus tujuan.

Teks itu sendiri berbunyi “Sorry everyone. I just can not take it anymore”, yang artinya “maaf semuanya, saya tidak kuat lagi.” Dengan membaca kalimat tersebut, akan membuat pembaca dengan bebas berasumsi.

Let’s see.

Di dalam psikologi positif, Authenticity merupakan suatu kondisi seseorang yang bukan hanya bebas dari tekanan atau masalah-masalah mental, namun lebih dari itu yaitu kondisi seseorang yang mempunyai kemampuan menerima diri sendiri maupun kehidupannya di masa lalu, pengembangan atau pertumbuhan diri, keyakinan bahwa hidupnya bermakna dan memiliki tujuan, memiliki kualitas hubungan positif dengan orang lain, kapasitas untuk mengatur kehidupannya dan lingkungannya secara efektif, dan kemampuan untuk menentukan tindakan sendiri.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS