Kabar Baik untuk Pensiunan, Ini 5 Usaha Sampingan Paling Menguntungkan...

Muhammad Fajar
Kabar Baik untuk Pensiunan, Ini 5 Usaha Sampingan Paling Menguntungkan...

Modal Rp 10 juta, Anda bisa membeli mesin cuci, setrika, sewa tempat bulanan, biaya operasional laundry.

Suara.com - Selama hayat, kita tidak selamanya menjadi seorang karyawan di perusahaan atau kantor tertentu. Perusahaan dan kantor menetapkan batas usia maksimal, tenaga kerja yang mampu bekerja. Biasanya tenaga kerja yang berusia lanjut usia (lansia) akan terkena pensiun. Semua sudah diatur didalam regulasi/peraturan pemerintah.

Menjadi seorang pensiun bukan perkara mudah. Para pensiunan juga butuh penghasilan. Nah, ini ada sejumlah peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan para pensiunan; 

1. Peternakan

Usaha yang bisa Anda coba sebagai pensiunan adalah peternakan. Usaha ini terbilang tidak kaku dalam pemanfaatan waktunya sehingga cocok untuk digarap. Usaha peternakan yang bisa Anda kembangkan adalah peternakan ayam petelur, ayam pedaging, kambing, sapi dan burung kicau semacam murai lain-lain.

Hal yang bisa anda lakukan adalah menentukan minat dan keinginan, dilanjutkan dengan menentukan besaran modal yang mampu Anda siapkan. Selanjutnya Anda bisa mulai membangun kandang. Anda juga harus memikirkan siapa saja yang menjadi sumber daya pengelola peternakan tersebut. Anda sendiri atau orang lain.

Jika orang lain, bagaimana cara anda merekrut karyawan peternakan. Kebutuhan karyawan juga menyesuaikan kondisi anda dan keuangan anda. Lalu bagaimana cara pemasaran hasil peternakannya ketika panen.

Anda harus memikirkannya secara matang, memiliki rencana bisnis, dan pengeksekusian bisnis yang baik sehingga anda bisa menghasilkan laba yang baik.

2. Laundry baju

Usaha laundry baju juga bisa anda jalankan saat pensiun. Pasalnya ini adalah usaha yang tidak ada matinya.

Hampir semua orang membutuhkan jasa ini, terutama mereka yang tidak sempat mencuci baju sendiri atau menyetrikanya. Selain itu, membuka usaha laudry, modal bisa disesuaikan bisa kecil maupun besar. Modal Rp 10 juta, Anda bisa membeli mesin cuci, setrika, sewa tempat bulanan, biaya operasional laundry.

Setelah memiliki modal, Anda bisa membuka usaha laundry di lokasi-lokasi strategis. Misalnya daerah kampus, perkantoran, lingkungan kost-kostan maupun pinggir jalan raya.

3. Rumah makan

Anda bisa membuka usaha rumah makan saat pensiunan. Apalagi jika anda merupakan seseorang yang pandai memasak makanan dengan citarasa yang lezat. Hal ini menjadi peluang usaha. Anda juga bisa melakukan promosi rumah makan Anda ke rekan-rekan saat anda bekerja dulu.

4. Jual minum

Usaha yang bisa dibuka seorang pensiunan adalah jual minum. Anda bisa menjual aneka minuman. Jenis minuman yang bisa anda jual juga beragam. Anda bisa melihat dari tren minuman yang sedang digemari masyarakat. Saat ini masyarakat menyukai minuman thai tea terutama para anak muda dan mahasiswa. Anda bisa membuka stan jualan Thai tea di dekat kampus, kost, atau pinggir jalan.

5. Rental kendaraan

Usaha rental kendaraan memang terbilang membutuhkan modal yang sangat besar dibandingkan beberapa usaha di atas, tapi jika Anda sudah memiliki beberapa kendaraan, tentunya untuk modal sudah tidak terasa berat. Lagipula membuka usaha rental kendaraan terbilang sangat mudah dilakukan dan sangat menguntungkan. Anda bisa mulai dari menyewakan kendaraan untuk tetangga, teman dan kolega anda.

Selanjutnya Anda bisa memperluas pasar, dengan kerja sama dengan kantor atau perusahaan. Biasanya kantor dan perusahaan membutuhkan sewa kendaraan dalam jangka waktu tertentu. Tentunya hal ini memberikan keuntungan yang lebih besar daripada sewa secara perseorangan yang hanya harian.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS