Capaian Konsumsi Ikan dalam Kepemimpinan Susi Pudjiastuti Meningkat

akhmadfatikh
Capaian Konsumsi Ikan dalam Kepemimpinan Susi Pudjiastuti Meningkat
Ilustrasi nelayan dan hasil laut Indonesia. (Dok : Istimewa)

Pada tahun 2018, Susi mengatakan bahwa produksi ikan Indonesia terus meningkat.

Tak dipungkiri bahwa mayoritas wilayah Indonesia adalah perairan. Ya, Indonesia dengan negara kepulauan yang kaya sumber daya alam, baik di darat maupun perairan, harus mampu memberdayakan kekayaan ini.

Kita tahu bahwa kekayaan darat sangat luar biasa, seperti pertambangan minyak dan batu bara, perkebunan kelapa sawit dan karet, serta masih banyak lagi.

Bagaimana hasil kekayaan perairan wilayah Indonesia?

Indonesia dengan negara kepulauannya, dari Sabang sampai Merauke tentu memiliki banyak wilayah laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil yang luas dan strategis. Kekayaan yang melimpah di wilayah tersebut menjadi salah satu pilar pembangunan nasional.

Presiden Jokowi menyebutkan dalam salah satu konsep Nawacitanya, yaitu memperkuat Indonesia dalam poros maritim.

Pembangunan infrastruktur terus dilakukan untuk menuju pembangunan yang merata melalui konektivitas antar pulau yang mudah. Hal ini bertujuan untuk kegiatan distribusi hasil perairan laut di pulau-pulau kecil mampu tersalurkan dengan baik menuju wilayah perkotaan.

Salah satu hambatan bagi nelayan yaitu ikan harus dijual dalam keadaan segar, namun akses menuju wilayah perkotaan sulit, sehingga hanya beredar di wilayahnya sendiri dengan nilai yang tentunya jauh lebih kecil.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS