4 Pantai di Bali yang Cocok untuk Belajar Selancar Ombak

yudirahmatullah
4 Pantai di Bali yang Cocok untuk Belajar Selancar Ombak
Salah satu pantai untuk belajar selancar di Bali. [IST]

Surfing atau selancar ombak menjadi olahraga yang populer di Bali. Nah, pantai mana saja yang cocok untuk belajar selancar ombak?

Suara.com - Sepertinya, tidak akan ada habisnya jika kita membahas tentang Bali. Mulai dari budayanya yang sangat menarik, keindahan alamnya, dan pantai-pantai cantiknya. Semuanya tidak akan bisa dieksplor dalam waktu yang singkat, karena ada banyak aktivitas di berbagai tempat wisata yang membuat kita betah berlama-lama untuk menikmatinya.

Salah satunya adalah bermain surfing atau selancar ombak. Olahraga ini biasanya dimainkan oleh orang lokal Bali bahkan wisatawan mancanegara. Mereka bisa menghabiskan waktu seharian, dari pagi sampai menjelang sunset, untuk bermain selancar. Selain karena seru dan untuk kesehatan, ombak yang ada di pantai-pantai Bali ini tersedia sepanjang hari, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Bukan hanya di satu pantai saja yang menjadi surga bagi para peselancar ombak, ada banyak pantai yang menjadi pantai favorit untuk bermain selancar ombak. Tapi, setiap pantai pastinya mempunyai karakteristik dan ketinggian ombak yang berbeda-beda, yang tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan mereka dalam bermain selancar.

Nah, bagi kamu yang masih dalam tahap belajar selancar ombak, tidak perlu bingung untuk memilih pantai mana yang bisa kamu datangi ketika berlibur di Bali. Berikut adalah pantai-pantai yang cocok untuk kamu belajar selancar ombak:

1. Pantai Kuta

Inilah pantai pertama yang harus kamu datangi untuk belajar selancar ombak di Bali. Yang menjadi juara dari Pantai Kuta ini adalah pantainya yang landai dan ketinggian ombaknya yang sedang. Cocok sekali buat kamu yang baru pertama kali belajar selancar ombak. Ditambah lagi, pantai ini memiliki foreshore atau tepian pantai yang cukup panjang. Jadi, kamu bisa berlama-lama berdiri dan meluncur di atas papan selancar longboard-nya.

Ada dua cara untuk mendaftar selancar ombak di Pantai Kuta, salah satunya yaitu bisa langsung datang ke penyewaan papan selancar yang tersedia di sepanjang Pantai Kuta. Biasanya penyewaan papan selancarnya dimiliki oleh surfer atau peselancar ombak lokal Bali. Kamu bisa menyewa papannya saja atau juga sekalian dilatih oleh pemiliknya. Harga sewanya biasanya mulai dari Rp 100 ribu per jam, dan ada biaya tambahan jika kamu ingin dilatih oleh mereka.

Cara lainnya, kamu bisa mendaftar di surf school yang sudah cukup dikenal di sekitar Pantai Kuta, seperti Malu Surf Bali, UP2U Surf School, atau Odysseys. Kamu bisa mendaftar secara daring melalui aplikasi atau situsnya. Harga per paketnya sekitar Rp 250 ribu - Rp 500 ribu, disesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan.

2. Pantai Sanur

Jika kamu datang ke Pantai Sanur, yang pertama kali terlihat berbeda adalah arus ombaknya yang terlihat cukup tenang. Karakteristik pantainya sama seperti di Pantai Kuta, yaitu landai dan berpasir. Karena ombak pantainya yang tidak terlalu besar, kamu harus pergi ke tengah lautan dengan menggunakan speedboat atau perahu untuk mendapatkan ombak yang bisa mendorong papan selancar kamu. Poin plusnya adalah, ketinggian ombak pastinya akan disesuaikan dengan kemampuan kamu yang memang dalam tahap belajar.

Di sekitar Pantai Sanur, ada beberapa surf school atau peselancar ombak lokal Bali yang bisa mendampingi kamu saat belajar selancar. Harga paket surf school-nya beragam dan masih terjangkau, sedangkan untuk penyewaan papan selancarnya berkisar Rp 50 ribu - Rp 100 ribu per jam.

3. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa adalah pantai yang sangat luar biasa. Bentang alamnya luas dan terlihat cukup jelas. Ombak pantai yang tersedia sepanjang hari cocok juga untuk dijadikan tempat belajar selancar ombak. Karakteristik pantainya yang berpasir dan sebagian berkarang, cukup aman dijadikan belajar selancar.

Itu asalkan kamu pandai memilih ketinggian arus ombak mana yang sesuai dengan kemampuan kamu. Untuk para peselancar ombak pemula harus lebih berhati-hati, karena terkadang arus ombak yang tadinya tenang malah menjadi cukup kuat. Makanya, waktu yang tepat untuk belajar selancar ombak di pantai ini adalah ketika pagi hari, saat ombak pantai masih berarus tenang.

Untungnya, lifeguard di pantai ini siap berjaga sepanjang hari. Jadi akan selalu siap menjaga dan memperingatkan setiap wisatawan yang sedang melakukan olahraga air, seperti selancar ombak. Untuk penyewaan papan selancar di Pantai Pandawa sekitar 50-100 ribu rupiah.

4. Pantai Suluban Uluwatu

Memang, Pantai Suluban Uluwatu ini hanya cocok untuk kamu yang sudah jago bermain selancar ombak. Daerah tepian pantai yang berkarang serta dikelilingi oleh tebing akan sangat membahayakan kamu yang baru mulai belajar selancar ombak.

Ditambah, ombak yang cukup tinggi dan arusnya yang cukup kuat pasti akan menyulitkanmu untuk menyeimbangkan badan di atas papan selancar dan mengarahkannya sesuai arus ombak.

Tapi, bukan berarti di pantai ini kamu tidak bisa belajar selancar ombak. Karena, ada banyak peselancar ombak profesional dari berbagai negara yang bisa kamu lihat bagaimana cara mereka bermain selancar dengan lihainya. Seperti ketinggian ombak mana yang kira-kira dapat mendorong papan selancar, posisi kaki saat berdiri, dan cara menyeimbangkan badan di atas papan selancar.

Nah, itulah 4 pantai di Bali yang cocok untuk kamu belajar selancar ombak. Keempat pantai ini tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, yang bisa kamu sesuaikan saat belajar selancar. Kamu bisa mulai belajar selancar di Pantai Kuta terlebih dahulu sebagai tahap awal, dan kemudian bisa bermain ke Pantai Suluban Uluwatu jika kamu sudah merasa jago bermain selancar ombaknya. Happy Surfing..!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS