Nadiem Makarim Ajak Guru Indonesia Menjadi Agen Perubahan

Tri Apriyani
Nadiem Makarim Ajak Guru Indonesia Menjadi Agen Perubahan
Mendikbud Nadiem Makarim saat acara Lepas Sambut di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (23/10). [Suara.com/Arya Manggala]

Nadiem selaku Mendikbud menyampaikan pesan-pesan untuk Guru di Indonesia apa adanya secara tulus

Suara.com - Setelah sebelumnya warganet digegerkan dengan isi teks pidato Hari Guru Nasional oleh Nadiem Makarim yang sangat menyentuh. Pada hari ini, Senin (25/11/2019), Nadiem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan justru menyampaikan pesan-pesan untuk Guru di Indonesia yang sedikit berbeda dengan teks pidato yang telah viral.

Tidak dengan kata-kata inspiratif dan retorik, Nadiem Makarim justru menyampaikan pesan yang apa adanya secara tulus untuk seluruh Guru dari Sabang sampai Merauke.

Dalam pidatonya tersebut, Nadiem mengerti bagaimana perjuangan seorang guru di Indonesia yang merupakan tugas yang mulia sekaligus tersulit.

Melihat keadaan seperti itu, Nadiem dalam pidatonya, mengajak guru di Indonesia untuk melakukan perubahan. Perubahan-perubahan seperti mengajak murid berdiskusi, murid mengajar, proyek bakti sosial, menemukan bakat murid, dan membantu sesama guru yang mengalami kesulitan.

Dengan diakhiri kalimat penutup, "Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak" diharapkan dapat menjadi kata penyemangat untuk guru-guru di Indonesia.

Selengkapnya, berikut isi pidato Nadiem Makarim untuk Hari Guru Nasional 25 November.

PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PADA UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Rahayu,
Selamat pagi dan salam kebajikan bagi kita semua,

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,

Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS