Prinsip-prinsip yang Harus Dihindari dalam Berkarier

efil mahyuningsih
Prinsip-prinsip yang Harus Dihindari dalam Berkarier
Ilustrasi bekerja/karier/kerja/karyawan. (Pexels/Energepic)

Tips yang harus dimiliki dalam berkarier dan bagaimana cara mengatasinya supaya karir kita lebih baik kedepannya dan bisa lebih berkembang lagi.

Suara.com - Sukses dalam berkarier merupakan suatu pencapaian tertinggi yang menjadi tujuan utama semua orang. Hampir semua orang ingin sukses dalam berkarier, tapi pada kenyataannya tidak semudah mengucapkannya.

Meski kita sudah menata karier dengan baik, mengalami kegagalan dalam berkarier merupakan suatu keadaan yang kemungkinan besar bisa terjadi. Namun sangat disayangkan kegagalan itu membuat kita menjadi semakin terpuruk. Kegagalan tersebut seharusnya membuat kita bangkit dan menjadikannya sebagai pengalaman agar lebih baik lagi kedepannya.

Tidak ada kata terlambat bagi seseorang yang mau memulai dan memperbaikinya. Mulailah menata prinsip hidup yang selama ini sering disepelekan. Oleh sebab itu, prinsip hidup sangat berpengaruh pada perjalanan karier seseorang agar kesuksesan karier tercapai tanpa ada hambatan ada beberapa prinsip yang harus di hindari :

  1. Mengabaikan asupan makanan dan minuman

Mengabaikan asupan makanan dan minuman akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Hal ini menyebabkan gizi yang tidak seimbang. Akibatnya, tubuh menjadi lemas, tidak semangat, dan tidak konsen dalam bekerja.

  1. Memilih tidur dari pada olahraga

Sebaiknya kita mengatur pola tidur sesuai dengan batasan yang sudah ditentukan agar tubuh menjadi lebih segar bugar sehingga membangkitkan semangat selama menjalankan aktivitas.

  1. Banyak mengeluh

Ini merupakan sesuatu yang sangat wajar, tapi jangan jadikan alasan untuk terus mengeluh sehingga memberikan efek buruk pada kinerja, yaitu tidak produktif di tempat kerja. Sebaiknya kerjakan apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang yang berkarir sebab jika kita menunjukan kinerja terbaik dengan mudah karir kita juga akan lebih baik.

  1. Membandingkan diri sendiri dan orang lain.

Ini merupakan sifat alamiah yang ada pada diri setiap orang. Sebaiknya kita harus menyadari dan membuang jauh-jauh sifat ini karena setiap manusia memiliki perbedaan dan memiliki potensi masing-masing. Lebih baik fokuskan pada diri sendiri untu terus melakukan yang terbaik. Perbaiki apa yang menjadi kelemahanmu dan tingkatkan apa yang menjadi kelebihanmu.

  1. Asal ambil keputusan tanpa pertimbangan risiko

Pastinya kita sudah tahu di setiap keputusan yang kita ambil pasti ada risikonya. Jadi sebelum mengambil keputusan sebaiknya mempertimbangkan risiko yang akan terjadi dan pikirkan orang yang akan terkena dampaknya.

  1. Kurang memberi ruang untuk diri sendiri

Mungkin giat dalam bekerja bisa saja mempercepat kita dalam mencapai kesuksesan, tapi bekerja terus menerus juga tidak baik karena bisa membuat kita stres. Sebaiknya, waktu libur yang kita miliki dapat dimanfaatkan dengan refreshing misalnya dengan travelling. Hal ini sangat  bagus untuk pikiran dan tubuh. Luangkanlah waktu Anda untuk memberikan ketenangan pada diri.

  1. Mengubah prinsip hidup lama dan membuat prinsip hidup yang baru

Jika kita ingin sukses dalam berkarier, tinggalkan prinsip hidup yang lama yang hanya membuat diri semakin merugi. Segeralah menggantinya denga prinsip hidup yang baru.

Semoga Bermanfaat

Penulis : Efil Mahyuningsih Dan Mhd. Subhan, S.Pd, M.Pd. Chat

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS