Pertama Kalinya, Keberangkatan Kereta Api dari Stasiun Cirebon Prujakan

Muhamad Jupri
Pertama Kalinya, Keberangkatan Kereta Api dari Stasiun Cirebon Prujakan
Kereta Api Kaligung

KA Kaligung menjadi kereta api perdana yang memulai keberangkatannya dari Stasiun Cirebon Prujakan

Suara.com - Selama ini, Stasiun Cirebon Prujakan hanya melayani kereta-kereta tujuan Jakarta menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta, maupun sebaliknya. Sehingga, kereta-kereta yang berhenti di stasiun ini hanyalah sekedar persinggahan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Tidak ada kereta yang memulai perjalanan dari stasiun ini.

Namun sekarang, stasiun ini bisa melayani rute perjalanan dari Stasiun Cirebon Prujakan hingga Stasiun Semarang Poncol Pulang Pergi (PP). Adapun perjalanan perdananya dimulai sejak hari Minggu (1/12/2019), dengan kereta KA Kaligung relasi Semarang Poncol - Cirebon Prujakan.

Menurut Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Raden Agus Dwinanto Budiadji, dalam Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2019, KA Kaligung merupakan salah satu KA yang diperpanjang relasinya. Dalam Gapeka sebelumnya, KA Kaligung melayani rute Semarang Poncol - Brebes PP. Dan kini, rutenya diperpanjang hingga Cirebon Prujakan.

"Ini adalah perjalanan perdana KA Kaligung dari Stasiun Cirebon Prujakan," jelasnya, Senin (2/12/2019).

Agus menjelaskan, pihaknya sudah merencanakan hal ini sejak enam bulan lalu. Dan sekarang, rencana tersebut terealisasikan dengan dimulainya perjalanan perdana KA Kaligung dari Stasiun Cirebon Prujakan menuju Semarang Poncol.

Yang unik dari rangkaian KA Kaligung relasi baru ini, lanjut Agus, adalah kelas ''Ekonomi New Image', di mana interiornya seperti interior kelas eksekutif. Sehingga, para penumpang akan merasakan kenyamanan seperti layaknya kenyamanan penumpang kelas eksekutif. 

Adapun rangkaian KA Kaligung ini, lanjut Agus, terdiri dari 9 kereta kelas ekonomi new image, dengan kapasitas total tempat duduk mencapai 720 kursi. Dalam perjalanannya, kereta api ini akan berhenti di Stasiun Babakan, Stasiun Losari, Stasiun Tanjung, Stasiun Brebes, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Weleri, dan berakhir di Stasiun Semarang Poncol.

Agus menjelaskan, untuk tarif kereta api ini mulai berlaku dari harga Rp 40.000 hingga Rp 70.000. Selain itu, juga berlaku tarif khusus untuk relasi Cirebon Prujakan - Tegal dengan harga Rp 20.000.

"Tentunya dengan ketentuan pembelian tiket dua jam sebelum jadwal pemberangkatan kereta, selama tempat duduk masih tersedia," pungkasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS