Tips Mengatur Keuangan sebagai Milenial

Tri Apriyani
Tips Mengatur Keuangan sebagai Milenial
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

Menabung merupakan dasar dalam manajemen keuangan pribadi

Suara.com - Bagi sebagian besar orang menabung merupakan hal yang patut dilakukan demi memenuhi kebutuhan di masa depan. Sejak kecil pasti kita sudah diajarkan menabung oleh orang tua supaya kita dapat menyisihkan uang dan tidak boros.

Menabung merupakan dasar dalam manajemen keuangan pribadi yang seiring dengan berkembangnya waktu dijadikan dan dikembangkan menjadi investasi dan pengelolaan keuangan lainnya. Menabung itu perlu dilakukan agar dapat memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran. Dengan menabung dapat membeli sesuatu yang diinginkan dengan hasil jerih payah dan usaha kita sendiri.

Anak muda zaman sekarang tidak bisa dipisahkan dengan gaya hidup yang konsumtif, apalagi dimudahkan dengan hadirnya uang elektronik. Adanya uang elektronik, mobile banking, dan online shop membuat milenial zaman sekarang semakin boros dan tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik.

Manajemen keuangan pribadi dalam hal ini sangat diperlukan karena dengan adanya manajemen keuangan yang baik, milenial zaman sekarang dapat mengatur keuangannya lebih baik dan dapat merencanakan kebutuhan di masa mendatang.

Dalam mengatur keuangan, milenial zaman sekarang harus memperhatikan beberapa hal agar dalam mengelola keuangan pribadi di zaman yang semakin modern ini semakin mudah dan tidak sulit. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan milenial zaman sekarng supaya dapat merencanakan keuangan di masa depan :

1. Niat dan konsisten

Dalam menabung niat dan konsisten sangat diperlukan. Jika sudah ada keinginan dari dalam diri sendiri harus dijalankan dan tetap konsisten pada hal yang dilakukan. Niat yang sudah dijalankan akan sia-sia jika kalian tidak konsisten tentang sesuatu yang sedang dijalankan. Jadi niat dan konsisten harus jalan beriringan.

2. Mencatat jumlah pengeluaran dan penghasilan

Hal ini perlu dilakukan setiap kali kita mendapatkan pemasukan ataupun pengeluaran. Hal ini dilakukan supaya anak milenial zaman sekarang dapat mengatur keuangannya dengan lebih baik dan tertata dengan rapih. Caranya adalah dengan menyiapkan buku catatan kecil atau bisa dicatat di notes hp pengeluaran dan pemasukan yang didapat di hari itu agar menghitungnya mudah dan bisa memperkirakan pengeluaran untuk hari berikutnya.

3. Membawa bekal dari rumah

Anak milenial zaman sekarang jarang yang membawa bekal dari rumah hanya karena gengsi. Hal ini yang menghambat kalian untuk bisa menghemat uang jajan. Membawa bekal dari rumah memberikan keuntungan agar tidak lagi jajan dan bisa menyisihkan uang jajan supaya ditabung.

4. Harus bisa bedakan kebutuhan dan keinginan

Ini merupakan hal yang harus diperhatikan supaya irit. Jika sudah mempunyai pemikiran untuk menabung maka harus bisa membedakan yang harus didahulukan. Jangan sampai uang yang sudah kalian tabung kalian gunakan hanya karena untuk membeli barang yang kalian inginkan tanpa mengetahui manfaat kedepannya. Kalau hanya menuruti nafsu dunia, tabungan tidak akan berjalan dengan baik.

5. Menentukan tujuan dan target 

Dalam menabung yang benar adalah menentukan target. Hal ini dapat memotivasi kalian untuk tetap rajin menabung dan berhemat. Tujuan dan target bisa bermacam-macam misalnya membeli kebutuhan di masa mendatang, untuk liburan, ataupun untuk membantu orang tua. Selain itu juga tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam menabung. 

Itulah beberapa tips menabung untuk para milenial zaman sekarang. Hal yang terpenting dalam menabung adalah disiplin dan niat. menabung bukan hanya hal uang tetapi juga kedisiplinan yang dijalani. Untuk itu yuk milenial mulai menabung agar memiliki investasi dan memiliki tabungan di hari tua. Menabung juga penting supaya anak zaman sekarang dapat mengelola dan memanage keuangannya sendiri.  

Pengirim: Yohana Denesya Novitasari / Mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan 2019
E-mail: denesyaines@gmail.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS