Inilah Industri yang Membuat Anda Kaya! Tips dari Chandra Putra Negara

Tri Apriyani
Inilah Industri yang Membuat Anda Kaya! Tips dari Chandra Putra Negara
Chandra Putra Negara (facebook)

Chandra Putra Negara, adalah seorang pengusaha yang berhasil sukses sebelum usianya menginjak 30 tahun dengan penghasilan 1 juta dollar AS.

Suara.com - Chandra Putra Negara, adalah seorang pengusaha yang berhasil sukses sebelum usianya menginjak 30 tahun dengan penghasilan 1 juta dollar AS. Chandra dikenal dengan julukan “Mr. Nothing Impossible” dengan kisah luar biasa dia mampu melunasi hutang orang tua nya dan mampu bangkit ditengah-tengah kondisi krisis moneter tahun 1999 dan di tengah-tengah kesedihannya setelah ditinggal oleh Ibunda tercintanya untuk selamanya.

Chandra Putra Negara juga telah membuat buku tentang kisah pengalaman hidupnya berjudul “Badai Pasti Berlalu”. Selain menjadi pengusaha, dia juga merupakan seorang motivator dan youtuber yang selalu ditunggu oleh para pendengarnya karena sering berbagi informasi dan tips seputar bisnis. Pada kali ini, Chandra berbagi tips memilih industri yang membuat kaya.

1. Industri Jasa Keuangan

Industri jasa keuangan adalah industri yang bergerak dalam melayani pengelolaan jasa keuangan. Industri ini dinilai tidak akan ada matinya karena industri ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, khususnya  perbankan. Perbankan sangat dibutuhkan dalam hal permodalan, penyimpanan uang nasabah, dan banyak peranan vital lainnya dimainkan oleh industri keuangan khususnya perbankan.

Oleh karena itu industri perbankan dipegang oleh para konglomerat karena memang industri ini sangat dibutuhkan. Meskipun industri perbankan kini terdisrupsi oleh adanya perusahaan-perusahaan fintech, namun tetap saja bakal ada banyak pengusaha yang menggunakan jasa perbankan dalam bisnisnya.

2. Teknologi

Ya, tentu saja di era industri 4.0 bahkan nantinya akan menuju era industri 5.0, industri di bidang teknologi akan sangat menguntungkan. Berbicara tentang industri teknologi bukanlah hanya bicara tentang inovasinya untuk saat ini namun juga berbicara tentang kontribusinya di masa depan yang bisa merubah budaya manusia secara drastis.

Industri teknologi tak akan ada matinya selagi perusahaan tersebut terus mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang memberikan banyak manfaat bagi konsumennya. Apalagi sekarang sudah ada Internet Of Things dan Artificial Intelligence, juga ada Blockchain yang semua itu berbasis teknologi canggih.

3. Kesehatan

Sekuat apapun manusia pasti pernah merasa kurang sehat atau sakit, sehebat apapun obat yang dibuat manusia tetap saja ada virus yang berhasil masuk ke tubuh manusia. Maka disinilah industri kesehatan sangat dibutuhkan, industri ini tidak akan ada matinya karena manusia tidak pernah selalu sehat.

Rumah sakit swasta maupun rumah sakit pemerintah, sangat jarang yang mengalami kebangkrutan, hal ini menjadi bukti bahwa masalah kesehatan adalah hal yang sangat krusial bagi masyarakat.

4. Perumahan atau Konstruksi

Industri perumahan juga sangat menjajikan di era sekarang ini. Manusia akan selalu butuh dengan yang namanya rumah karena merupakan kebutuhan primer sebagai tempat berlindung. Selain itu manusia juga tidak akan pernah puas dengan yang mereka miliki.

Meskipun semua manusia di muka bumi ini sudah mempunyai rumah, mereka akan terus berusaha mendapatkan yang lebih dari sebelumnya, yang lebih mewah, yang lebih mahal, yang lebih nyaman. Apalagi kondisi sekarang di Indonesia masih banyak orang belum mempunyai hunian layak tinggal, maka industri perumahan akan sangat dibutuhkan selain untuk mendapat profit namun juga memberikan banyak benefit bagi masyarakat.

5. Edukasi

Tidak mungkin bidang edukasi mati karena manusia selalu haus akan ilmu pengetahuan, namun hal yang perlu diperhatikan bahwa sekarang bidang edukasi telah banyak mengalami perubahan. Jika dulu manusia hanya belajar secara tatap muka, sekarang dengan mudahnya belajar jarak jauh menggunakan gadget.

Maka jika ingin membuka usaha di bidang teknologi, pastikan Anda mendesain bisnis anda dengan menyatukan edukasi dan teknologi, baik dari marketingnya maupun sampai pengajarannya, libatkanlah teknologi.

6. Entertaiment atau Hiburan

Di balik kepenatan hidup, manusia akan selalu butuh hiburan. Budaya orang-orang mulai berubah. Jika dulu banyak orang berbondong-bondong datang ke mall untuk memenuhi kebutuhannya seperti kebutuhan fashion, kebutuhan bulanan seperti sembako dan lainnya. Sekarang orang-orang datang ke mall untuk mencari hiburan, pergi ke bioskop, mencari spot instagramable, mencari tempat makan yang membuat pikiran rileks.

7. Industri Transportasi

Munculnya Gojek dan Grab di industri transportasi Indonesia menjadi bukti bahwa industri ini sangat dibutuhkan. Dengan tuntutan on time setiap saat, maka sarana transportasi yang baik akan selalu di nanti oleh masyarakat. Dengan perkembangan industri transportasi saat ini, tentu saja sangat banyak keuntungan yang diperoleh masyarakat selain untuk kepentingan bisnis pemiliknya.

8. Energi

Beberapa sumber daya energi memang bisa habis, namun akan selalu ada perusahaan-perusahaan yang berhasil membuat terobosan baru untuk mengakali energi yang kian berkurang. Industri energi akan banyak mengalami perkembangan dengan munculnya motor listrik, mobil listrik, dan terobosan energi lainnya maka industri ini akan menjajikan di masa yang akan datang.

9. Food and Beverage

Tidak ada satu manusia pun di muka bumi ini yang tidak membutuhkan makanan dan minuman. Maka sampai kapan pun industri ini tidak akan punah, dengan perkembangan industri lainnya seperti industri teknologi dan tranpostasi maka bisa berdampak positif ke bidang food and beverage.

Sekarang banyak orang memesan makanan lewat gadget, dengan kemudahan itu tentu saja para pelaku industri makanan bisa memanfaatkannya dengan menggunakan teknologi mereka bisa meningkatkan omset penjualan mereka.

Pengirim: Dede Deniawan / Mahasiswa Vokasi Administrasi Keuangan & Perbankan Universitas Indonesia
E-mail: dededeniawan97@gmail.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS