Ini Dia! Mobil yang Cocok untuk Terobos Banjir saat Musim Hujan

Tri Apriyani
Ini Dia! Mobil yang Cocok untuk Terobos Banjir saat Musim Hujan
Daihatsu Terios, mobil saat banjir

Dalam kondisi musim hujan dibutuhkanlah kendaraan mobil yang mampu menerobos ataupun menerjang banjir.

Suara.com - Musim hujan telah tiba. Curah hujan yang tinggi ini mengakibatkan ruas jalan di beberapa daerah, khususnya, Ibukota Jakarta terendam banjir. Dalam kondisi tersebut dibutuhkanlah kendaraan mobil yang mampu menerobos ataupun menerjang banjir.

Berikut 4 kendaraan  yang cocok untuk kamu dalam mengatasi kondisi banjir di jalan :

1. Mitsubishi Pajero

Mitsubishi Pajero Sport, mobil saat banjir
Mitsubishi Pajero Sport, mobil saat banjir

Mobil besutan Mitsubishi ini memiliki dimensi yang cukup besar, yakni 4.695 mm x 1.815 mm serta ground clearance 215 mm. Sebagai SUV Premium, Pajero memiliki fitur-fitur kelas dunia. Sehingga, mobil ini cocok untuk kamu yang tinggal di pemukiman yang sering banjir.

Mobil ini mampu menerjang banjir yang tingginya kira-kira sampai 1 meter bahkan sampai menutupi knalpot dari Pajero tapi mobil ini masih bisa melawan terjangan air dan mesinnya tetap hidup. Tak hanya itu, mobil ini memiliki teknologi wind screen protector. Di mana teknologi tersebut membuat kaca depan mobil bebas dari air meski sedang menerjang banjir. Harga mobil Mitsubishi Pajero ini dimulai dari harga 481,5 juta untuk tahun 2019.

2. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner, mobil saat banjir
Toyota Fortuner, mobil saat banjir

Mobil yang dirilis oleh Toyota kali ini ialah Toyota Fortuner. Mobil ini memiliki bodi hampir sama dengan kompetitornya yakni Mitsubishi Pajero. Kendaraan yang memiliki dimensi besar serta ground clearance yang cukup tinggi, tidak heran dan tidak diragukan lagi dengan ketangguhan mobil yang satu ini.

Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2,5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection mengakibatkan mobil ini mampu untuk melewati jalanan off road maupun on road. Apalagi jika banjir, mobil ini dengan gampangnya menerobos genangan air tersebut. Tak heran, jika mobil ini dibanderol dengan harga dari mulai Rp476 Juta.

3. Daihatsu Terios

Daihatsu Terios, mobil saat banjir
Daihatsu Terios, mobil saat banjir

Mobil yang memiliki tinggi 1.740 mm x 200 mm untuk ground clearance yang digadang-gadangkan mampu untuk menerjang banjir. Selain itu, Daihatsu Terios dibekali velg Alloy yang dibungkus dengan ban berukuran 215/65 R16 yang akan membuat lincah saat melewati genangan air.

Mobil yang memiliki 4 jumlah silinder ini disebut dengan jenis mobil SUV atau Sport Utility Vehicle terbaik yang dimilik oleh Daihatsu. Harganyapun bervarian, dimulai dari harga Rp202,3 juta hingga Rp261,4 juta.

4. Nissan X-Trail

Nissan X-Trail, mobil saat banjir
Nissan X-Trail, mobil saat banjir

 Salah satu produk Sport Utility Vehicle atau yang dikenal dengan SUV dari Nissan ialah Nissan X-Trail. Pasalnya, SUV Nissan X-Trail ini mengusung konsep yang begitu menarik di mana memadukan sektor eksterior, interior, dapir pacu handal serta stabilitas mobil yang tiada banding. Hal ini yang membuat Nissan X-Trail hingga saat ini menjadi model SUV yang banyak peminatnya.

Mobil ini memiliki ground clereance 210 mm, di mana hal ini membuatnya di atas lebih sedikit dari kompetitornya yaitu Daihatsu Terios namun tetap di bawah dari Mitsubishi Pajero yang memiliki ground clereance 215 mm. Namun, mobil ini tetap cukup jago dalam melibas genangan air yang menghadangnya. Terlebih telah dilengkapi dengan fitur stabilitas yang cukup tinggi.

Pengirim: Calvin Nick Mahesa / Mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia jurusan Hubungan Masyarakat.
E-mail: calvinnickm@gmail.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS