7 Youtuber Indonesia paling VIRAL di 2019

Tri Apriyani
7 Youtuber Indonesia paling VIRAL di 2019
Raditya Dika (Instagram/raditya_dika)

Banyak hal-hal menarik yang sudah terjadi di tahun 2019 yang sempat menjadi viral di masyarakat, khususnya di platfrom YouTube

Suara.com - Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2020, banyak hal-hal menarik yang sudah terjadi di tahun 2019 yang sempat menjadi viral di masyarakat, khususnya di platfrom YouTube. Apalagi dengan semakin majunya teknologi, masyarakat semakin mudah untuk mengakses informasi-informasi yang sedang viral, banyak sekali hal-hal menarik yang dapat kita temukan di YouTube.

Dengan ide-ide kreatif dari para Youtuber dalam mengemas konten-konten kreatif untuk mengedukasi ataupun sekedar menghibur masyarakat. Berikut ini saya rangkum beberapa youtuber Indonesia yang viral di tahun 2019:

1. Atta Halilintar

Atta Halilintar (Instagram/attahalilintar)
Atta Halilintar (Instagram/attahalilintar)

Muhammad Attamimi Halilintar atau yang lebih akrab di sapa Atta Halilintar adalah seorang YouTuber sekaligus pengusaha yang sangat terkenal melalui ide-ide kreatif yang di milikinya. Siapa yang tidak mengenal Atta Halilintar Ia merupakan anak sulung dari kesebelasan Gen Halilintar. Atta lahir 20 november 1994 di Dumai, Riau.

Dari kecil pun Atta tidak pernah meminta uang jajan dari kedua orang tuanya, dia selalu mempunyai cara untuk memanfaatkan berbagai peluang bisnis termasuk di dalam YouTube, Atta pun berhasil menciptakan channel YouTube dengan konten-konten menarik bagi masyarakat.

Atta juga tidak ragu untuk mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk kepentingan vlog-vlog nya demi untuk menciptakan konten-konten yang dapat menarik dan menghibur masyarakat, terbukti pada bulan september 2019 jumlah subscriber di YouTube miliknya mencapai hampir 19 juta dengan pendapatan mencapai hampir Rp500 juta perbulan. Atta telah membuktikan berhasil menjadi influencer bagi anak muda saat ini.

Saat ini atta pun memiliki subscriber sebanyak 20,4 jt dan masih menjadikannya YouTuber dengan subscriber terbanyak di Asia Tenggara.

2. Ria Ricis

Ria Ricis (Instagram/riaricis1795)
Ria Ricis (Instagram/riaricis1795)

Ria Yunita atau yang lebih dikenal dengan Ria Ricis lahir di Batam, 1 juli 1995. Ia adalah seorang YouTuber, presenter, dan juga aktris.

Berawal dari seorang selebgram lalu Ria Ricis pada tahun 2015 mulai mencoba memasuki ranah YouTube berkat dorongan dari teman-temannya. Pada awalnya konten-konten yang di suguhkan oleh Ria Ricis sendiri masih berfokus pada konten-konten lucu, lalu kemudia lanjut menjadi squishy karna Ria Ricis sendiri merupakan pecinta Squishy.

Ia pun membuat konten-konten menarik seperti vlog kesehariannya, mengadakan challenge, dan juga konten grebek rumah artis yang diharapkan mampu menjaga para subscribernya.

Jika kita melihat channel YouTube nya Ria Ricis, disitu terlihat sudah sebanyak 18,1 jt subscriber yang dimiliki Ria Ricis.

3. Baim Wong

Baim Wong (Instagram/baimwong)
Baim Wong (Instagram/baimwong)

Muhammad Ibrahim atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Baim Wong adalah pria kelahiran Jakarta, 27 april 1981 Baim ini merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara dari pasangan pengusaha Johnny Wong dan Kartini Marta Atmadja.

Berbeda dari sang ayah Baim lebih memilih untul menjadi pemain sinetron pada tahun 2001, tetapi Baim baru memutuskan untuk serius menjadi pemain sinetron baru pada tahun 2005, lalu pada tahun 2012 Baim mulai merambah ke dunia perfilman tanah air dan saat itu lewat film debutnya Baim pun langsung mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Pendatang Terbaru Terfavorit di Indonesian Movie Awards 2012.

Dan pada tahun 2018 Baim mulai membuat kanal YouTube dengan sang istri yaitu Paula Verhoeven, tidak membutuhkan waktu yang lama channel YouTube mereka sukses meraih banyak subscriber, salah satu video yang menjadi trending pada saat itu adalah saat mereka berperan sebagai orang gila.

Pada bulan ini pun tepatnya 27 desember 2019 Baim Wong dan Paula Verhoeve sedang berbahagia karena baru saja di karuniai seorang anak laki-laki yang di beri nama Kiano Tiger Wong.

Baim dan Paula sendiri memiliki sebanyak 8,91 jt subscriber di dalam channel YouTube nya.

4. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)

Raffi Farid Ahmad atau yang akrab di panggil dengan sebutan Rafii Ahmad lahir pada tanggal 17 febuari 1987 di Bandung, Raffi sendiri merupakan anak sulung dari 3 bersaudara dari Munawar Ahmad (alm) dan Amy Qanita.

Raffi Ahmad sendiri juga di kenal sebagai seorang pembawa acara, komedian, pengusaha, penyanyi, produser, aktor, dan juga Youtuber terkenal di Indonesia, namanya semakin terkenal sejak membawakan program acara musik bersama 2 artis multitalenta Luna Maya dan Olga Syahputra (alm), dan berbagai acara tv dan film lainnya.

Lalu Raffi mulai merambah ke dunia Youtube, namun pada awal mula raffi membuat channel YouTube adalah berawal dari kesenangan istrinya yaitu Nagita Slavina melihat banyak video-video yang ada di YouTube dan juga untuk mengabadikan momen keluarganya. Pada akhirnya Raffi pun memutuskan untuk menekuni dunia YouTube di karenakan melihat peluang yang ada di dalam YouTube. Bukan hanya itu, keputusan Raffi tersebut di dorong oleh pendapatan AdSense YouTube dengan nominal yang cukup besar.

Channel YouTube Raffi sendiri pun diberi nama “Rans Entertaiment” yang memiliki 11,8 jt subscriber.

5. Raditya Dika

Raditya Dika (Instagram/raditya_dika)
Raditya Dika (Instagram/raditya_dika)

Raditya Dika adalah seorang penulis, komedian, sutradara, aktor, dan juga YouTuber terkenal di Indonesia, dengan nama asli Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini lahir di Jakarta, 28 Desember 1984.

Radit mengawali karirnya menjadi seorang blogger, Ia menuliskan pengalaman sehari-harinya saat berkuliah di Adelaide, Australia, di dalam blog nya yang berjudul www.kambingjantan.com.

Tulisannya yang kocak ternyata mampu menarik perhatian para remaja di Indonesia, sehingga dia memutuskan untuk membukukan tulisan-tulisannya tersebut menjadi sebuah novel, dan ternyata novel-novel yang di tulis oleh radit sangat laris manis yang membuat para produser sangat tertarik untuk memfilmkannya, mereka pun meminta radit untuk ikut turun langsung dalam pembuatan film sebagai pemeran utamanya.

Ia pun selanjutnya merambah ke dunia Stand up Comedy, dan juga salah satu Comic yang ikut mempopulerkan Stand up Comedy di Indonesia. Radit pun juga eksis di YouTube dengan video yang sangat terkenal dulu yaitu “Malam Minggu Miko” dan juga “Malam Minggu Miko 2” dan ini terbagi menjadi beberapa judul dan episode, namun sekarang video-video dalam YouTube Radit cenderung lebih kepada vlog-vlog kesehariannya.

Radit sendiri mempunyai 8,22 jt subscriber di dalam laman YouTube nya.

6.     Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)

Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau yang lebih di kenal dengan nama Deddy Corbuzier adalah seorang pesulap profesional, presenter, pelatih kebugaran, aktor, dan juga YouTuber ini lahir pada tanggal 18 desember 1976 di Jakarta.

Namanya melambung berkat kemahirannya dalam bermain sulap, selain trik-trik sulap umum, Deddy juga kerap menyajikan trik-trik sulap yang beresiko tinggi. Lalu pada pertengahan 2013 Deddy mulai membuat program kesehatan yaitu diet ala Deddy yang di namakan OCD atau Obsessive Corbuzier Diet yang sangat populer Indonesia karna berhasil membuat tubuh berotot dan kadar lemak yang rendah.

Lalu Deddy mulai mencoba merambah ke dalam dunia YouTube, Deddy membuat konten dengan mengundang para influencer ke dalam studio yang sudah disediakan khusus oleh Deddy. Salah satu alasan Deddy merambah ke dalam dunia YouTube adalah karena YouTube lebih bebas berekspresi di bandingkan televisi yang memiliki banyak aturan dan juga di awasi oleh KPI.

Saat ini Deddy memiliki 6,84 jt subscriber di dalam channel YouTube nya dan di juluki sebagai Father of YouTube Indonesia.

7. Panji Petualang

Panji Petualang (Instagram/panjipetualang_real)
Panji Petualang (Instagram/panjipetualang_real)

Muhammad Panji alias Panji Petualang adalah seorang reptiler, presenter, dan juga YouTuber, lahir pada 27 juli 1989. Pada awalnya Panji merupakan presenter di acara salah satu tv swasta pada tahun 2004-2012.

Awal mula panji membuat channel YouTube adalah hanya mendokumentasikan kegiatannya untuk sosialisasi dengan komunitas untuk melakukan edukasi pengenalan reptile yang ada di Indonesia dan panji melihat bahwa YouTube ini merupakan media yang luar biasa membantu dan juga untuk mengklarifikasi tentang berita hoax tentang kematian panji, ini juga berkat dari dorongan/dukungan teman.

Saat ini channel Panji Petualang sendiri sudah memiliki subscriber sebanyak 4,4 jt subcriber dan kemungkinan besar akan semakin banyak seiring dengan konten unik yang di sajikan oleh panji, apalagi ditambah dengan di tangkap dan di jadikannya king cobra bernama Garaga yang di jadikan maskot di basecamp reptile Panji Petualang.

Demikian para YouTuber yang “Viral” di 2019 yang sudah saya rangkum berdasarkan kehebohan yang ada ditengah masyarakat, apa adakah YouTuber idola kamu diatas?

Pengirim: Aria Anggara / Mahasiswa Program Studi Public Relation, Universitas Indonesia.
E-mai: ariaanggara209@gmail.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS