Strategi Traveling Low Budget dan Anti Ribet

henikholifatululum
Strategi Traveling Low Budget dan Anti Ribet
Ilustrasi traveling

Traveling adalah sarana untuk refreshing, melepas penat, membuang semua energi negatif. Hobi traveling tapi gak rela kantong kering? inilah strateginya

Traveling saat ini adalah salah satu  hobi yang sedang menjamur di berbagai kalangan. Pada dasarnya traveling adalah sarana untuk refreshing, melepas penat, membuang semua energi negatif, dan kembali “mengosongkan gelas” untuk diisi hal baru. Namun di era saat ini, sisi lain dari momen traveling adalah sebagai kesempatan yang baik untuk mencari stok foto selain sebagai saksi liburan juga sebagai konten “feed” dan “timeline” di media sosial. Lalu bagaimana agar traveling tetap menyenangkan tapi “low budget” dan anti ribet? Buat kamu yang suka traveling tapi takut kantong kering, ini dia solusinya.

Pertama adalah mencari refrensi tempat traveling (bisa melalui Instagram, google, travel vlogger di youtube, dll) dan menentukan tujuan traveling, apakah di dalam negeri atau di luar negeri. Berikutnya yaitu mencari informasi alternatif transportasi dan akomodasi yang tersedia. Jika harus menggunakan pesawat, sebaiknya melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari sebelumnya atau berburu tiket ketika event travel fair agar mendapat harga lebih murah.

Selain tiket pesawat, penginapan juga perlu dipersiapkan sebelumnya, tidak perlu hotel berbintang karena saat traveling penginapan hanya berfungsi sebagai tempat istirahat dan menyimpang barang. Kecuali untuk staycation, maka seharusnya memilih penginapan yang nyaman dan memiliki fasilitas lengkap.

Agar selama traveling nyaman, sebaiknya dibuat itinerary atau rencana perjalanan. Hal ini akan memudahkan dan sebagai kontrol waktu agar tidak ada tempat yang terlewat yang direncanakan akan dikunjungi. Saat menyusun itinerary, hal yang wajib diperhatikan adalah perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain, usahakan cari yang searah agar waktu perjalanannya efektif dan efisien.

Maka dari itu jangan heran apabila aplikasi maps adalah teman terbaik saat traveling. Penting juga untuk merencanakan kendaraan yang akan digunakan saat traveling, apakah akan menggunakan transportasi umum atau sewa mobil/motor pribadi. Untuk jasa sewa motor dapat dicari di Instagram atau google, demikian juga untuk jasa sewa mobil yang sudah ada di beberapa marketplace.

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah barang-barang yang dibawa saat traveling. Identitas diri berupa kTP, SIM, Paspor (jika perlu) adalah hal wajib yang harus dibawa. Alat komunikasi berupa handphohe, charger, power bank, handsfree sebaiknya disimpan di dalam tas yang mudah dijangkau bersama dengan dompet dan kartu identitas. Jika diperlukan, dapat juga membawa kamera untuk mendokumentasikan momen-momen berharga saat traveling.

Membawa pakaian ganti secukupnya saat traveling, usahakan memakai pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Sebaiknya memakai pakaian warna netral atau earth tone karena selain adem warna netral dan earth tone akan memberi efek bagus saat difoto.

Tidak boleh ketinggalan, apapun cuacanya penting untuk membawa jaket sebagai lapisan terluar (dan penutup kepala jika perlu). Selain itu perlu untuk membawa baju tidur yang nyaman agar kualitas tidur pun baik karena traveling yang menyenangkan secara tidak sadar menguras banyak tenaga . Oleh sebab itu perlu istirahat yang cukup agar keesokan harinya badan menjadi segar kembali.

Nah, itulah poin-poin penting yang perlu disiapkan sebelum dan saat traveling. Merencanakan dan menyusun perjalanan traveling sendiri jauh lebih fleksibel dari segi waktu (sebaiknya pada saat low season), menghemat biaya (termasuk biaya agen perjalanan dan wisata), dan dapat menentukan destinasi tempat wisata sesuai keinginan.

Oleh: Heni Kholifatul Ulum / D-IV Akuntansi PKN STAN 2019

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS