Ternyata Ngopi Tiap Hari Sehat lho! Asal Perhatikan 4 Hal Ini

vanmstp
Ternyata Ngopi Tiap Hari Sehat lho! Asal Perhatikan 4 Hal Ini
Ilustrasi minum kopi

Minum kopi sebelum olahraga setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Suara.com - Olahraga intensif seringkali bisa membuat tubuh terasa lelah, maka dari itu diperlukan suplemen penambah energi yang dapat membantu menghilangkan lelah.  Namun suplemen yang dibuat dari bahan kimia ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang. 

Maka dari itu, kopi bisa menjadi alternatif sebagai pengganti suplemen penambah energi. Selain itu, kopi mengandung kafein yang dapat membakar lemak dengan otot yang menggunakan glikogen sebagai energi. Tanpa glikogen, otot bisa menjadi lemah dan membuat kita merasa lelah. 

Di sinilah kopi mengambil peranan penting untuk menjaga cadangan glikogen dalam tubuh untuk pembakaran lemak yang lebih efektif. Berikut juga 4 alasan kopi dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita, ketika dikonsumsi sebelum berolahraga.

1. Mencegah Nyeri Otot                                                                                 

Minum 2−3 cangkir kopi 1 jam sebelum berolahraga dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri pada otot. Penelitian serupa oleh para ahli dari University of Georgia di Amerika Serikat mengatakan bahwa meminum kopi satu jam sebelum berolahraga dapat mencegah rasa  nyeri hingga 48 persen. Otot dapat bekerja dengan lebih efisien terutama ketika sedang menjalani olahraga yang intensif atau dalam durasi yang cukup panjang.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah                                                                     

Sirkulasi darah yang lancar akan menghasilkan otot dan tulang dengan suplai oksigen dan sel darah putih yang cukup. Menurut penelitian dari University of Ryukyus di Jepang, kopi dapat melancarkan sirkulasi darah hingga 30 persen. Mengkonsumsi kopi juga dapat meningkatkan fungsi oksigen ke jaringan. Performa olahraga pun bisa menjadi lebih baik karena kerja otot dan tulang yang dapat lebih aktif bergerak.                                                                         

3. Memaksimalkan Stamina                                                                             

Penelitian dari Journal of Applied Physiology membuktikan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat memaksimalkan stamina dalam berolahraga. Kafein mampu membuat pikiran lebih rileks dan tubuh lebih bertenaga, sehingga Anda bisa menikmati olahraga yang lebih maksimal.                                              

4. Meningkatkan Ingatan                                                                                 

Kopi dapat meningkatkan daya ingat Anda ketika dikonsumsi 1 jam sebelum olahraga. Kopi dapat mengaktifkan sel induk otak yang dapat berguna untuk fungsi kerja otak. Minum 2 cangkir kopi cukup untuk meningkatkan memori hingga 24 jam. Daya ingat yang baik dapat membantu Anda dalam olahraga tertentu, seperti yoga atau dance, di mana ada gerakan-gerakan yang perlu diingat.

Cara Mengkonsumsi Kopi dengan Benar

Meski minum kopi sebelum berolahraga menghasilkan banyak khasiat, ada beberapa panduan yang penting jika ingin menikmati manfaat dari kopi secara maksimal. Berikut 4 cara yang harus dilakukan sebelum berolahraga. 

1. Kopi diminum 1 jam sebelum olahraga                                                       

Dibutuhkan waktu selama 1 jam untuk kafein dalam kopi dapat diserap sempurna oleh tubuh. Maka dari itu disarankan untuk kopi diminum sebelum memulai olahraga.                                                                                            

2. Tidak menggunakan susu sapi atau gula                                                     

Susu sapi yang digunakan dalam kopi akan lebih lambat diproses oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan saat berolahraga. Kopi dengan kandungan gula yang tinggi juga bisa menyebabkan ketidakstabilan gula darah.

3. Tetap minum air putih                                                                               

Kopi dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan baik lewat keringat maupun pada saat buang air kecil. Maka dari itu penting untuk mengkonsumsi banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.                                                 

4. Mengkonsumsi kopi dan berolahraga secara rutin                                    

Manfaat mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga akan lebih maksimal jika dilakukan secara rutin, agar tubuh semakin mudah menyesuaikan diri. Tubuh dapat membaca sinyal agar tidak memproduksi terlalu banyak cairan ketika berolahraga, sehingga meminimalisir dehidrasi.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS