Tinjauan Umum Daur Ulang Logam, Pentingnya, dan Proses Daur Ulang

Tri Apriyani
Tinjauan Umum Daur Ulang Logam, Pentingnya, dan Proses Daur Ulang
Ilustrasi limbah logam

Daur ulang logam memungkinkan untuk melestarikan sumber daya alam dengan membutuhkan lebih sedikit energi untuk diproses

Suara.com - Logam adalah bahan berharga yang dapat didaur ulang berulang kali tanpa menurunkan sifatnya. Besi tua memiliki nilai, yang memotivasi orang untuk mengumpulkannya untuk dijual ke operasi daur ulang.

Selain insentif finansial, ada juga keharusan lingkungan. Daur ulang logam memungkinkan kita untuk melestarikan sumber daya alam dengan membutuhkan lebih sedikit energi untuk diproses daripada pembuatan produk baru menggunakan bahan baku murni. Daur ulang memancarkan lebih sedikit karbon dioksida dan gas berbahaya lainnya. Lebih penting lagi, ini menghemat uang dan memungkinkan bisnis manufaktur mengurangi biaya produksinya. Daur ulang juga menciptakan pekerjaan.

Logam dapat diklasifikasikan sebagai besi, atau non-ferro. Logam besi adalah kombinasi besi dengan karbon. Beberapa logam besi umum termasuk baja karbon, baja paduan, besi tempa, dan besi cor. Di sisi lain, logam non-ferrous termasuk aluminium, tembaga, timah, seng, dan timah. Logam mulia bersifat non-ferro. Logam mulia yang paling umum termasuk emas, platinum, perak, iridium, dan paladium.

Tahapan utama dari proses daur ulang logam adalah sebagai berikut:

  1. Koleksi
  2. Menyortir
  3. Memproses
  4. Mencair
  5. Pemurnian
  6. Memantapkan
  7. Transportasi batang logam

Tingkat daur ulang logam keseluruhan saat ini sekitar 30 persen tidak dapat diterima, mengingat daur ulang hampir setiap jenis logam, dan tantangan tetap ada sehubungan dengan cara menangkap kembali lebih banyak bahan untuk didaur ulang. Perluasan program daur ulang masyarakat dan kesadaran masyarakat membantu dalam hal ini. Alasan penting lainnya untuk tingkat daur ulang yang rendah terkait dengan desain berbagai produk logam.

Semakin kompleksnya berbagai produk modern dan campuran materialnya membuat daur ulang semakin sulit. Misalnya, ponsel sederhana dapat berisi sebanyak 40 elemen berbeda. Jadi, mengekstraksi setiap jenis bahan dari ponsel dan menggunakannya kembali dalam produksi produk baru membuatnya sulit.

Di-karenakan bahan logam adalah hal yang cukup berharga, maka dari itu kita sebagai makhluk yang membutuhkan bahan tersebut untuk keberlangsungan hidup maka saya menyuarakan agar kita menjaga lingkungan sekitar kita dari limbah logam dikarenakan logam adalah hal yang cukup berharga tetapi cukup berbahaya juga jika kita tidak dapat mengolah limbahnya dengan baik dan benar.

Pengirim: Alya Yumna
Email: alyaayumnaaa@gmail.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS