Lulus UTBK & SBMPTN 2020 dari Segi Ilmu Manajemen Strategi

Theresa Yessivania
Lulus UTBK & SBMPTN 2020 dari Segi Ilmu Manajemen Strategi
Ilustrasi menulis

Berikut adalah tips lulus ujuan berdasarkan ilmu manajemen strategi

Suara.com - Lulus! Hari-hari terakhir sekolah untuk siswa-siswi kelas 12 semakin mendekat. Ini adalah akhir dari masa sekolah dan awal dari masa kehidupan yang baru. Melangkahi kaki menuju perjalanan masa dewasa akan membuka rana kebebasan dan pilihan yang tak terbatas.

Banyak yang memilih untuk membekali perjalanan mereka dengan menuntut ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Menteri Mendikbud, bapak Nadiem Makarim, akan menghapus Ujian Nasional. Namun, harap tenang karena ujian belum usai. Masih ada UTBK dan SBMPTN di mana ratusan ribu orang di seluruh Indonesia bersaing untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dambaan hati.

Jika Anda berencana belajar beberapa minggu atau beberapa hari sebelum ujian masuk perguruan tinggi, ubah rencana Anda. Anda seharusnya merencanakan untuk menghabiskan setidaknya beberapa bulan untuk belajar. Ibarat di balik perusahaan tersukses di dunia, ada rencana strategis yang telah direncanakan bertahun-tahun sebelumnya. Rencana yang bagus akan membantu Anda mencapai kesuksesan.

Mungkin Anda mengincar jaket kuning UI atau jaket biru ITB. Mungkin saja Anda bercita-cita memakai pakaian taruna Akpol atau kalung warna warni STAN. Langkah-langkah strategis ini bisa digunakan untuk lulus ujian masuk PTN (perguruan tinggi negeri) dan juga PTK (perguruan tinggi kedinasan).

Berikut adalah tips lulus ujuan berdasarkan ilmu manajemen strategi:

1. Membuat Visi dan Misi

Visi menjawab “Anda ingin menjadi seperti apa?”
Misi menjawab “Apa yang akan Anda lakukan?”

Visi adalah keinginanmu dalam satu kalimat yang sederhana. Kata-katanya bisa saja simpel namun harus bisa menggerakan bahkan menggoncangkan hati dan pikiran. Contoh visi: Lulus di (nama universitas) 2020.

Misi adalah uraian dari visi, yaitu apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai visi.  Contoh misi: (1) mendapatkan passing grade 90 persen untuk UTBK, (2) mendapatkan passing grade 90 persen untuk SBMPTN dan (3) belajar 5 jam dalam sehari.

2. Analisis SWOT

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS