Setelah Merdeka, Masihkah Kita Perlu Hukuman Mati?

puellalourdes
Setelah Merdeka, Masihkah Kita Perlu Hukuman Mati?
Ilustrasi hukuman mati. (Shutterstock)

Selama ini, pelaku pelanggaran berat dijatuhi hukuman mati dengan tujuan memberikan efek jera. Namun kenyataannya, hukuman ini tidak mempan dan melanggar hak asasi manusia.

Suara.com - Raga Pieter Cortenhoeff terbujur kaku di bawah tiang pancung pada pagi itu, Juni 1629. Tubuh Cortenhoeff terlihat berdampingan, tapi tak menyatu, dengan kepalanya. Sementara kekasihnya, Sara Specx, Belanda-Jepang yang masih belia, meringkuk sembari merintih nyeri. Sekujur tubuhnya berhias bilur cambukan.

Tiang Pancung di Hindia Belanda 

Cortenhoeff adalah perwira muda yang tampan, baru 17 usinya. Bersama Sara, ia kepergok melakukan perbuatan terlarang di kediaman Gubernur Jenderal Jan Pieterzoon Coen. Nafsu asmara yang ia jalin bersama Sara, berujung pada hukuman mati atas perintah Coen. Pemandangan satire yang biasa terjadi saban ada hukuman mati di halaman Stadhuis, adalah para pedagang sate dan limun yang santai berjualan dan meraup laba dari penonton eksekusi.

Empat abad yang lalu di Hindia Belanda, orang-orang yang digantung dan dipancung adalah hiburan yang mengesankan untuk ditonton. Stadhuisplein—kini Taman Fatahillah—merupakan saksi bisu penegakan hukum yang berlaku pada masa itu. Semua diawali dengan perintah terhadap Gubernur Jendral Joan Maatsuycker untuk menyusun kitab rangkaian hukum kolonial. Hukum ini kemudian dinamakan Bataviasche Ordonnanties. Isinya meliputi perundang-undangan, tradisi, dan peraturan ala Belanda.

Wisata Kota Tua Jakarta. [Suara.com/Risna Halidi]
Taman Fatahilah, Kota Tua Jakarta. [Suara.com/Risna Halidi]

Tujuan awal Belanda menerapkan hukuman mati di Indonesia, adalah untuk mengendalikan perilaku para inlander maupun pendatang di tanah jajahannya. Namun, Indonesia yang sudah merdeka masih memelihara hukuman mati. Ada setidaknya 18 nyawa yang melayang dihukum mati dalam kurun waktu 6 tahun terakhir, dan ratusan nyawa terpidana masih mengantre.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS