Tabungan Rencana Mandiri, Efektif Kah?

favourisa
Tabungan Rencana Mandiri, Efektif Kah?
Ilustrasi menambah tabungan (shutterstock)

Sulit menabung bukan lagi alasan

Suara.com - Apakah Anda sulit untuk menabung? Penghasilan Anda selalu habis setiap bulan? Kini ada solusi untuk Anda. Bank Mandiri kini menawarkan produk Tabungan Rencana Mandiri. Dengan Tabungan Rencana Mandiri, kamu dapat menyisihkan penghasilan Anda melalui penarikan dana otomatis (autodebet) pada rekening tabungan setiap bulan.

Anda juga bebas memilih tanggal kapan akan menabung di Tabungan Rencana Mandiri, sehingga Bank Mandiri akan menarik dana dari tabungan Anda sesuai tanggal tersebut setiap bulan. Selain itu, Anda dibebaskan untuk membuat lebih dari satu Tabungan Rencana Mandiri. Sehingga dapat disesuaikan dengan tujuan anda menabung misalnya untuk dana pendidikan, kesehatan, liburan,  dan lain-lain.

Keuntungan menabung pada Tabungan Rencana Mandiri adalah gratis biaya administrasi, fasilitas autodebet, kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp100.000 atau USD 10,- per bulan. Suku bunga yang ditawarkan pun diatas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan. Wow menarik bukan?

Jika Anda hanya menabung Rp100.000 setiap bulan, dalam setahun anda bisa menabung sebesar Rp1.200.000 plus bunga. Lumayan bukan? Selain itu anda dapat menambah dana ke Tabungan Rencana Mandiri di luar setoran bulanan. Jangka waktu juga sangat fleksibel mulai dari 1 tahun sampai dengan 20 tahun. Bukan hanya itu saja, Anda juga mendapat perlindungan asuransi gratis karena bank mandiri bekerja sama dengan PT AXA Mandiri Financial Services  hingga Rp5 juta atau 500 dolar Amerika per bulan.

Syarat pendaftarannya pun mudah, hanya dengan memilik mandiri tabungan atau mandiri giro, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun pada saat mandiri tabungan rencana jatuh tempo dan mengisi formulir aplikasi pembukaan mandiri tabungan rencana Anda sudah bisa memiliki Tabungan Rencana Mandiri.

Uniknya, sekarang kamu mendaftarkan diri melalui aplikasi mandiri online di menu pembukaan rekening baru kemudian mengikuti langkah-langkahnya yaitu memilih tujuan pembukaan rekening, jangka waktu, jumlah setoran rutin bulanan dan penerima manfaat. Mudah sekali bukan? Kamu tidak perlu repot ke bank untuk mendaftarkan diri, cukup dari smartphone kesayanganmu saja.

Lalu apakah Tabungan Rencana Mandiri efektif untuk menuntun kita dapat menabung? Jawabannya, Ya. Namun dengan syarat Anda harus memilih tanggal menabung di Tabungan Rencana Mandiri di tanggal awal kamu gajian. Kenapa? Jika kamu memilih tanggal jauh dari tanggal gajian, yang ada malah uang Anda habis sebelum ditabung.

Nah, jika Anda memilih tanggal menabung tidak jauh dari tanggal kamu gajian, kamu akan “dipaksa” untuk menabung. Sehingga Anda dapat menyesuaikan alokasi belanja anda dengan baik dan tidak lupa untuk menabung.

Selain itu, apabila Anda ingin mencairkan dana Tabungan Rencana Mandiri sebelum jatuh tempo, Anda akan dikenai biaya penalti pembatalan sehingga anda harus berpikir dua kali jika anda ingin mencairkannya. Hal ini diharapkan anda harus tetap teguh tidak tergoda ingin mencairkannya bukan? Nah, sesuai dengan tagline Tabungan Rencana Mandiri, menabung pun terasa lebih ringan dan menjadi kebiasaan yang tidak membebani anda. Tabungan Rencana Mandiri membantu pengelolaan keuangan dengan baik dan terencana untuk mewujudkan impian. Bagaimana? Tertarik? Daftar sekarang sebelum menyesal kemudian.

Oleh: Favourisa Ramadhany / mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN, Diploma III Akuntansi

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS