Bersihkan Ponsel Jadi Salah Satu Cara Mencegah Coronavirus Selain Masker

Tri Apriyani
Bersihkan Ponsel Jadi Salah Satu Cara Mencegah Coronavirus Selain Masker
Ilustrasi ponsel. [Shutterstock]

Secara teratur membersihkan ponsel Anda dan mencuci tangan adalah cara yang lebih baik untuk memerangi penyebaran virus corona daripada mengenakan masker.

Suara.com - Secara teratur membersihkan ponsel Anda dan mencuci tangan adalah cara yang lebih baik untuk memerangi penyebaran virus corona daripada mengenakan masker.

“Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting,” ujar direktur pelayanan medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak.

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa ponsel mengandung lebih banyak kuman daripada toilet. Mereka adalah barang-barang paling kotor yang dimiliki seseorang karena seringnya orang memegang ponsel. Ditambah dengan fakta banyaknya orang membawa ponsel mereka ke toilet, di mana tempat berkumpulnya kuman, yang menyebabkan bertambah kotornya ponsel di tangan Anda.

Lebih buruk lagi, ponsel sering bersentuhan dengan hidung, dan bibir kita yang mana bagian tubuh tersebut menjadi poin kunci di mana coronavirus menginfeksi tubuh manusia.

Bagaimana cara membersihkan ponsel yang tepat?

Menurut sebuah studi tahun 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV smartphone adalah metode yang paling efektif untuk membunuh kuman. Selain itu, dapat juga menggunakan larutan alkohol.

Ahli mikrobiologi Charles Gerba mengatakan kepada Health bahwa larutan alkohol ini dapat dibuat di rumah dengan menggabungkan air (60 persen) dan alkohol (40 persen), kemudian menyeka ponsel dengan kain mikrofiber, kapas, atau kapas yang dibasahi dengan sedikit campuran air dan alkohol tersebut.

Usahakan jangan secara langsung menyemprotkan alkohol atau menggunakan tisu antibakteri ke ponsel karena dapat menghilangkan lapisan anti air dan minyak pada layar ponsel. Gunakan tisu antibakteri untuk membersihkan bagian lain seperti casing dan bagian belakang ponsel.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS