Perubahan di UTBK Tahun 2020. Apa Saja?

Bimantara Tegar
Perubahan di UTBK Tahun 2020. Apa Saja?
Ilustrasi ujian nasional

Perlu adanya kesadaran baik dari murid, orang tua, guru serta masyarakat luas diluar sana bahwa untuk UTBK tahun 2020 nanti, terdapat beberapa perubahan.

Suara.com - Pelaksanaan UTBK pada tahun 2020 jatuh pada tanggal 20-26 April 2020. Siswa yang sudah duduk di bangku kelas 3 sudah mulai menyiapkan diri untuk mengikuti tes UTBK ini.

Sebenarnya untuk masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri favorit siswa bisa masuk melalui jalur prestasi atau SNMPTN, tapi untuk lulus seleksi SNMPTN murid terlebih dahulu di saring dari sekolah masing-masing.

Laman ltmpt.ac.id melansir bahwa jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan jalur SNMPTN sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah yaitu sekolah dengan nilai akreditasi A sebanyak 40 persen, akreditasi B sebanyak 25 persen dan sekolah dengan akreditasi C serta lainnya adalah 5 persen yang merupakan siswa terbaik di sekolahnya.

Hal penting untuk diketahui oleh calon peserta SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 yaitu diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 dimana setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalu laman  https://portal.ltmpt.ac.id.

Perbedaan UTBK 2019 vs 2020 (Infomasukptn)
Perbedaan UTBK 2019 vs 2020 (Infomasukptn)

Kerangka waktu untuk registrasi akun LTMPT dibagi menjadi dua yaitu PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) dan SNMPTN dilaksanakan tanggal 02 Desember 2019 sampai 07 Januari 2020 dan registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan tanggal 07 Februari – 05 April 2020.

Kepada siswa, sekolah, atau masyarakat diharapkan memperhatikan dengan teliti jadwal  pelaksanaan SNMPTN, UTBK dan SBMPTN tahun 2020. Adapun kerangka waktu pelaksanaan SNMPTN yaitu:

  • Registrasi Akun LTMPT 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020
  • Pengisian PDSS dan pemeringkatan siswa oleh sekolah 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pendaftaran SNMPTN 11-25 Februari 2020
  • Pengumuman SNMPTN 4 April 2020

Dengan jumlah peluang untuk lulus SNMPTN yang tidak besar, siswa tidak boleh putus semangat karena masih bisa berusaha untuk masuk PTN pilihan dengan cara melalui jalur UTBK atau ujian tertulis, dengan kesempatan tes UTBK yang hanya dapat diikuti 1 kali, siswa harus benar-benar mempersiapkan diri agar tidak gagal di ujian tertulis ini.

Adapaun peserta ujian UTBK ini tidak hanya murid sekolah menengah atas atau sederajat tetapi juga ada Mahasiswa dan murid “gap year” yang mengikuti ujian UTBK ini untuk mencoba mengulang demi melanjutkan mimpi masuk PTN favorit di pulau Jawa ataupun ke kota besar.

Walaupun untuk masuk PTN favorit itu tidak mudah masih banyak harapan dengan mengikuti UTBK ini, maka dari itu para murid diharapkan untuk mulai mempersiapkan diri dari sekarang karena saingan untuk masuk PTN favorit tidak hanya dari sekolah lain tetapi juga Mahasiswa dan siswa “gap year”.

Karena ada beberapa aturanya berubah, UTBK tahun 2020 ini berbeda dari UTBK tahun 2019 termasuk kesempatan tes dan waktu pengerjaan UTBK. siswa dapat mempersiapkan strategi belajar mulai dari sekarang agar tidak kalah saing pada saat pelaksanaan tes UTBK tahun 2020.

Saya sendiri berharap agar siswa dan siswi tidak menyepelehkan tes UTBK, karena melalui tes inilah kalian dapat mencoba untuk melanjutkan ke PTN favorit. Peluang untuk masuk PTN favorit kalian yang dapat saya sarankan adalah melakukan tes mandiri di PTN favorit kalian, tapi untuk mencoba tes mandiri ini sendiri pun tidak mudah karena tingkat kesuliatn soal sendiri disesuaikan dengan PTN itu sendiri. 

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS