6 Manfaat Baca Komik Yang Nggak Kamu Sadari

bacakomik
6 Manfaat Baca Komik Yang Nggak Kamu Sadari
Ilustrasi membaca komik (unsplash/Miika Laaksonen)

Membaca komik rupanya punya sejumlah manfaat.

Suara.com - Jangan mengira kalau baca komik adalah kebiasaan unfaedah. Atau, sekadar pengisi waktu luang semata. Membaca komik sendiri rupanya punya sejumlah manfaat. Terlepas apakah yang membacanya adalah orang dewasa, remaja, atau anak-anak.

Adapun sejumlah manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Imajinasi

Ini adalah manfaat pertama yang bakal kamu rasain saat membaca komik. Komik biasanya didominasi gambar tokoh yang beragam dan menarik, serta dilengkapi alur cerita yang biasanya nggak lazim. Hal itulah yang membuat komik bisa menambah daya imajinasi.

2. Meredakan Stres

Kalau kamu lagi stres, kamu bisa meredakannya dengan membaca komik. Kenapa bisa begitu? Karena komik memiliki gambar tokoh yang biasanya unik dan lucu.

Apalagi, jika gambar tersebut dilengkapi dengan plot cerita yang ringan dan lucu. Cerita yang lucu dalam komik akan membuatmu lebih rileks. Dengan begitu, stres di pikiranmu pun bisa sedikit berkurang.

3. Mengasah Kreativitas

Kalau kreativitasmu lagi buntu, membaca komik adalah solusi paling tepat. Apalagi, jika komiknya punya gambar-gambar tokoh yang unik, serta jalan cerita yang nggak ketebak. Dua hal itu akan merangsang otak untuk berimajinasi seluas mungkin. Dan lambat laun, akan menumbuhkan kreativitas di dalam otakmu.

4. Memperkuat Daya Ingat

Kamu yang gampang lupa juga harus banget baca komik. Pasalnya, komik dipercaya mampu meningkatkan daya ingat, melebihi sebuah novel. Hal ini disebabkan percakapan di dalam komik ditampilkan secara ringkas. Tidak seperti di novel yang percakapan antar tokohnya terselip di antara deskripsi yang ditulis oleh si novelis.

Percakapan tokoh yang ringkas membuatmu bisa mengingat isi cerita dan percakapan komik dalam sekali baca. Berbeda dengan novel yang harus dibaca dulu beberapa kali agar kita bisa paham isi ceritanya.

5. Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak-Anak

Kalau kamu mau anakmu punya minat baca yang bagus, kamu jangan langsung menjejali mereka dengan buku. Cobalah berikan mereka buku komik terlebih dahulu. Komik biasanya memiliki kata-kata yang pendek dan sederhana, serta tidak rapat. Apalagi, kata-kata tersebut dilengkapi dengan gambar komik yang menarik.

Anak-anak pasti akan tertarik dan nyaman untuk membacanya. Dan tidak menutup kemungkinan membuat mereka tertarik untuk membaca medium bacaan lainnya, termasuk buku.

6. Membantu Anak-Anak Mengenal Kosa Kata Baru

Tak cuma membantu meningkatkan minat baca, membaca komik juga membantu anak-anak mengenal kosa kata baru. Ini nggak lepas dari percakapan dalam komik yang tentu mengandung sejumlah kosa kata.

Semakin sering anakmu membaca komik, maka semakin kaya pula perbendaharaan mereka. Pastikan kamu memberikan komik yang sesuai dengan umur mereka, agar mereka semakin mudah menyerap kosa kata di dalamnya.

Itulah manfaat baca komik yang nggak kamu sadari sebelumnya. Semoga kamu semakin sadar akan manfaat baca komik, serta tetap pede membaca komik. Selamat membaca komik kesayangan!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS