Sudah Sering Cuci Tangan Tapi Kok Belum Membersihkan Gadget?

Tri Apriyani
Sudah Sering Cuci Tangan Tapi Kok Belum Membersihkan Gadget?
Ilustrasi gadget (shutterstock)

Ponsel cenderung menampung bakteri 10 kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet

Suara.com - Di tengah kekacauan wabah virus corona, gerakan mencuci tangan sangat digencarkan untuk mengurangi penyebaran 2019-nCoV. Tangan adalah bagian tubuh yang selalu bersentuhan dengan benda-benda sekitar mereka. Saat tangan menyentuh benda, semua virus dan bakteri mungkin berpindah dari benda ke tangan dan sebaliknya.

Mencuci tangan dengan sering tidak akan banyak membantu apabila Anda langsung mulai menyentuh benda yang terkontaminasi bakteri dan virus. Kecuali jika Anda memang sudah rajin mencuci tangan sebelum adanya wabah, kemungkinan barang-barang Anda lebih bersih dari orang yang jarang cuci tangan.

Barang yang sering digunakan oleh orang adalah gadget seperti smartphone, tablet, dan laptop. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga menjaga kebersihan gadget Anda untuk memaksimalkan fungsi mencuci tangan Anda.

Sebelum atau saat wabah, gadget bukanlah barang yang bersih. Sebuah studi yang dilakukan Washroom Hygiene menemukan bahwa ponsel cenderung menampung bakteri 10 kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet.

Ini terjadi karena orang menghabiskan berjam-jam sehari di ponsel mereka, sering menyentuh ponsel dan dalam situasi di mana tangan mereka sudah kotor. Apalagi kebiasan seperti menggunakan ponsel saat di kamar mandi, menjelaskan betapa kotornya ponsel yang kita punya.

Berapa banyak debu dan kotoran yang menempel di ponsel Anda? Anda mungkin sering menyentuh gadget ini sepanjang hari, minyak dan kulit mati dari tangan Anda terus-menerus bergesekan, membuatnya menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Bersihkan Gadget Anda Sekarang Juga

CDC merekomendasikan agar Anda membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh setiap hari. Namun, Anda juga harus mencuci tangan lebih sering sekarang daripada sebelumnya.

Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan gadget Anda. Dengan kain mikrofiber akan mengurangi gesekan yang terjadi di gadget, sehingga gadget Anda tidak lecet.

Campurkan mikrofiber dengan cairan pembersih seperti sabun tangan atau cairan lainnya yang aman untuk gadget. Hindari penggunaan cairan yang mengandung alkohol karena dapat merusak plastik di gadget Anda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS