PS5 Ditenagai Zen 2 dan RDNA 2 BIG NAVI

kuncoro
PS5 Ditenagai Zen 2 dan RDNA 2 BIG NAVI
Tampilan website PS5 seperti saat diakses di Jakarta, Rabu (5/2/2020) di Jakarta. [Suara.com]

Can't wait for PlayStation 5!

Suara.com - Lewat live streaming yang dilakukan oleh PlayStation pada channel Youtube nya, Mark Cerny selaku Lead-Architect PlayStation menjelaskan banyak detail yang sudah ditunggu-tunggu banyak gamer diseluruh dunia termasuk spesifikasi sang console next-gen besutan Sony tersebut.

Playstation 5 ditenagai oleh CPU dan GPU besutan AMD dengan teknologi terbaru yaitu Zen 2 dan RDNA 2 dengan clock sebesar 3.5GHz untuk CPU nya dan 2.23 GHz untuk GPU nya yang akan menghasilkan komputasi sebesar 10.28TFlops yang di mana diatas kertas kemampuan hardware dari Playstation 5 ini masih dibawah console next-gen besutan Microsoft yaitu Xbox Series X  dengan core clock lebih tinggi di CPU yang menghasilkan komputasi sebesar 12 TFlops.

Mark Cerny mengatakan dengan kemampuan komputasi sebesar 10.28TFlops maka PlayStation 5 akan mengusung penyimpanan berbasis NVME SSD yang sangat cepat dalam load system maka PlayStation 5 dipastikan menggunakan PCIe 4.0 yang merupakan teknologi terbaru dan baru AMD saja yang baru mengimplementasikan pada Motherboard AM4 nya.

SSD pada PlayStation 5 berkapasitas sebesar 825Gb dan akan menggunakan speed sebesar 5.5Gb/s maka dengan speed sebesar itu akan banyak membantu  pada loading system dan rendering gamenya.

Sama halnya dengan Xbox Series X pada PlayStation 5 juga menggunakan Memory berjenis GDDR6 berkapasitas 16Gb, maka dari kedua console tersebut mempunyai kesamaan dalam arsitektur hardwarenya namun menurut Mark Cerny, kemampuan pada suatu console bukan hanya terletak pada kekuatan hardwarenya saja namun terletak pada optimalisasinya namun hal tersebut sudah dimiliki Microsoft pada Xbox series sebelumnya.

Mark Cerny mengatakan bahwa fitur Backward Compability pada PlayStation 5 akan tersedia setidaknya baru 100 judul games dari library PlayStation 4. Namun belum ada keterangan 100 judul games apa saja yang akan dioptimasi pada PlayStation 5 nanti.

Hingga akhir live streaming yang dibawa oleh Mark Cerny tersebut sayangnya belum diperlihatkan bentuk pada PlayStation 5 itu tersendiri. PlayStation 5 direncanakan akan meluncur pada akhir tahun 2020 nanti.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS