Tips Berhemat Ketika Berbelanja

Mirza Sayuti
Tips Berhemat Ketika Berbelanja

Menghemat ketika berbelanja selain untuk mencegah kebocoran pengeluaran, diperlukan untuk mencegah membeli barang yang kurang dibutuhkan.

Suara.com - Berbelanja menjadi kesenangan sendiri bagi sebagian kaum, terutama bagi kaum hawa (wanita). Banyak orang yang berbelanja dengan berbagai alasan berbeda-beda untuk belanja seperti ada sebagian orang berbelanja guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada juga berbelanja untuk menghilangkan stress, bahkan ada sebagian orang berbelanja karena barang atau produk yang dibeli itu cute (imut) atau enak dilihat mata walaupun barang tersebut tidak diperlukan.

Kebanyakan orang yang membeli barang karena alasan unik padahal tidak diperlukan. Mereka akan menyesal ketika barang yang sudah dibeli sampai ke rumah. Pastinya hal ini menyebabkan pembengkakkan pada pengeluaran bulanan. Belum lagi jika penghasilan yang tidak mencukupi, ini pasti akan menyebabkan kekurangan uang untuk hari mendatang.

Oleh karena itu, tips menghemat berbelanja busa dijadikan sebagai salah satu hal yang penting untuk menyelamatkan keuangan anda. Apalagi bagi anda yang berperan sebagai ibu rumah tangga, karena anda memiliki tugas untuk mengatur keuangan keluarga. Berikut tips menghemat berbelanja:

Tips Menghemat Berbelanja Online

Berbelanja online terutama di marketplace yang menawarkan berbagai macam kemudahan bagi pembeli, hal ini menyebabkan minat untuk berbelanja lebih bergejolak.

Jika anda ingin menghemat ketika berbelanja online, caranya sangat mudah, yaitu ketika anda menginginkan suatu barang maka jangan langsung dibeli tapi dimasukan kedalam ‘keranjang’ terlebih dahulu, kemudian coba anda tunggu selama 7 hari / 1 minggu.

Hal ini mempengaruhi minat berbelanja anda yang bertujuan untuk melihat, anda menginnginkan barang tersebut karena keinginan sesaat atau karena anda membutukan barang tersebut.

Jika anda mengingingkan barang tersebut karena keinginan sesaat, maka ketika sudah beberapa hari akan membuat anda kehilangan ketertarikan akan benda tersebu. Jika barang tersebut memang anda butuhkan, maka tidak akan menghilangkan ketertarikan anda, silahkan anda beli barang tersebut.

Tips Menghemat Berbelanja Langsung / Offline

Berbelanja secara langsung atau  offline membuat banyak orang terlena dengan kata-kata manis penjual yang menceritakan kelebihan dan keunggulan barangnya, apalagi jika barang tersebut memiliki diskon ataupun potongan harga yang tinggi. Untuk menghemat ketika anda berbelanja secara langsung yaitu sebelum anda pergi ke sebuah toko, diharapkan agar menulis barang yang anda butuhkan untuk dibeli kemudian membawa uang seperlunya.

Hal ini juga memngaruhi minat berbelanja anda, jika anda membawa uang seperlunya, maka ketika anda ingin membeli barang yang lain, anda akan mengingat kembali isi dompet yang anda bawa. Cara lain menghemat berbelanja secara  langsung adalah sebagai berikut:

  • Berbelanja di pasar tradisional
  • Membedakan belanja harian, mingguan dan bulanan
  • Melakukan perbandingan harga sebelum membeli
  • Manfaatkan diskon dan promo

Oleh: Kayyis Rifqan dan Dara Amanatillah M.Sc.Finn / Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS