5 Kegiatan yang Wajib Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Selama Pandemi

Alifia Elsa Maulida
5 Kegiatan yang Wajib Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Selama Pandemi
Ilustrasi Olahraga (today.com)

Kegiatan berikut bisa kamu lakukan untuk atasi stres dan bosan selama pandemi

Suara.com - Banyak negara sedang berduka karena pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda, tak terkecuali juga di Indonesia. Selain menimbulkan kepanikan, banyak pekerja yang di PHK secara massal. Hal ini lantas membuat orang-orang stres dan merasa bosan karena tidak dapat pemasukan pun tidak tahu harus berbuat apa.

Begitupula dengan mahasiswa, banyak yang mengeluh karena sudah begitu jenuh dengan kuliah online yang banyak tugas. Tidak mendapatkan uang saku, justru malah menghabiskan uang hanya untuk membeli kuota agar tak ketinggalan kuliah.

Pandemi COVID-19 memiliki dampak negatif yang membuat orang-orang stress dan merasa bosan karena tidak dapat pemasukan pun tidak tahu harus berbuat apa.

Untuk menghilangkan kebosanan dan agar tidak stress kelamaan, ada 5 kegiatan yang wajib kamu lakukan! Apa aja sih kegiatan itu?

Berikut adalah kegiatan yang dapat menjadi tips atasi stress dan bosan selama pandemi:

1. Rutin Olahraga

Ilustrasi Olahraga (today.com)
Ilustrasi Olahraga (today.com)

Olahraga dipercaya mampu membuat tubuh kita menjadi sehat dan kuat. Selain itu, dengan olahraga daya imunitas tubuhmu juga bisa meningkat. Makanya pemerintah secara rutin mengingatkan kita untuk selalu berjemur agar terkena sinar matahari. Sinar matahari pagi itu termasuk Vitamin D yang bisa menghilangkan penyakit tulang rakitis.

Kamu juga bisa melakukan olahraga yang membuatmu tetap bahagia, seperti bermain badminton, atau lari pagi dengan keluargamu. Tetap ingat! Jangan berkelompok dengan banyak orang. Karena kita tetap harus mematuhi himbauan untuk selalu jaga jarak (physical distancing).

2. Memasak

Memasak (Shutterstock)
Memasak (Shutterstock)

Buat kalian yang belum bisa masak, waktu-waktu seperti ini bisa dibilang efektif untuk kalian belajar masak. Percaya deh! Memasak itu mudah kok, tidak sesulit yang kita bayangkan. Kadang, yang membuat sesuatu itu susah bukan karena benar-benar susah, tapi fikiran kita yang membuat sesuatu itu terlihat susah.

Jangan memasak menu yang sulit dulu, cobalah untuk memasak makanan-makanan ringan seperti membuat brownies kukus, roti sosis, atau bisa juga membuat minuman kekinian seperti dalgona coffe, dan yang lainnya. Youtube bisa menjadi guru tutorial masak kamu kalau kamu tidak ada ide ingin memasak apa.

3. Melakukan Hobi

Ilustrasi menonton Film di Laptop (iStockphoto)
Ilustrasi menonton Film di Laptop (iStockphoto)

Memaksimalkan waktu luang dengan melakukan hobi terbukti ampuh untuk menghilangkan kebosanan. Tapi, hobi yang kamu lakukan harus di rumah aja ya. Jika hobi kalian traveling keliling kota, atau naik gunung cobalah untuk menjelajahi alam dan kota lewat buku atau artikel ringan.

Gimana kalo tidak suka baca? Coba alternatif lain seperti menonton. Ada banyak konten tentang alam dan kota yang bisa kamu tonton. Bagi yang suka drama korea, menonton saja. Meskipun kadang orang menganggap hobi kita aneh atau tidak bermanfaat, setidaknya kita bisa mengambil manfaat sendiri dari apa yang kita lakukan. Karena manusia itu unik, hal yang disukai pun berbeda-beda. Tidak semua menyukai apa yang kita sukai, bukan? 

4. Mendengarkan Musik

Ilustrasi mendengarkan musik
Ilustrasi mendengarkan musik

Kalau melakukan hobi masih saja membuatmu bosan, kamu bisa beralih dengan mendengarkan musik. Musik adalah salah satu hal yang bisa mengingatkan kita akan banyak hal, termasuk kenangan. Anak indie bilang, jam 4 sore adalah waktu yang pas buat ngindie dan minum kopi.

Kalau anak band bilang, jika merasa kesepian dan tidak tahu harus ngapain, kapan pun dan di mana pun bermusik menjadi satu hal yang wajib banget dilakukan. Musik biasanya mampu mewakili isi hati. Maka, mendengarkan musik menjadi rekomendasi terbaik untuk menenangkan hatimu kembali. 

5. Menulis

Ilustrasi Menulis (Freepik)
Ilustrasi Menulis (Freepik)

Menulis itu tidak hanya dilakukan oleh penulis. Siapapun tetap bisa menulis. Kalo kata Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah bekerja untuk keabadian. Salah satu bentuk pengabadian yang diutarakan lewat aksara, agar semesta tahu bahwa kita itu ada. Tak hanya sekadar menetap di bumi, tetapi juga memberikan warna-warni untuk bumi yang kita singgahi.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS