7 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Coba Selama #dirumahaja

Dewangga Putra Mikola
7 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Coba Selama #dirumahaja
Illustrasi Work From Home

Manfaatkan waktu di rumah aja dengan diisi kegiatan produktif

Suara.com - Pandemi COVID-19 membuat orang-orang terbatas dalam melakukan kegiatan. Hal ini tak terlepas dari imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing. Bahkan, beberapa kota-kota di indonesia telah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Sekala Besar). Alhasil, kita akan lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah.

Orang-orang melakukan work from home atau school from home, dua kegiatan ini adalah pengalihan metode bekerja atau belajar menjadi jarak jauh guna menekan penyebaran COVID-19.

Menghabiskan waktu di rumah terkadang membuat kita merasa bosan. Untuk mengusir rasa bosan, lebih baik melakukan kegiatan produktif yang menyenangkan. Adapun beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan selama di rumah aja sebagai berikut:

1. Manajemen Waktu

Sejak adanya imbauan untuk bekerja dan belajar di rumah, kita menjadi lebih bebas dan longgar untuk melakukan berbagai kegiatan. Tak jarang, banyak di antara kita yang menghabiskan waktunya untuk tidur atau rebahan di dalam rumah. Alhasil banyak waktu yang terbuang sia-sia akibat adanya pandemi.

Untuk menyiasatinya, kita bisa membuat rundown atau jadwal kegiatan apa yang bisa dilakukukan dalam satu hari. Jadwal kegiatan ini bisa mendorong kita agar dapat melakukan rutinitas yang baik.

2. Membaca Buku

Seberapa banyak buku yang dibeli? Namun, tak sempat membacanya? Coba buka kembali rak buku yang sudah lama tidak kamu sentuh lagi. Mungkin, sekarang waktu yang tepat untuk membaca buku.

Membaca buku bisa me-refresh pikiranmu. Kamu bisa mengisi waktu dengan membaca buku sesuai yang kamu punya, misalnya buku novel, komik, pengetahuan umum, hingga self development. Jika semua koleksi buku yang kamu punya telah habis, kamu bisa memanfaatkan akses internet untuk mengunduh e-book.

Terdapat cukup banyak e-book yang bertebaran di internet seperti Pusnas (Perpustakaan Nasional). Beberapa koleksi buku yang tersedia di internet ini bahkan dapat kamu baca dan unduh secara gratis. Alhasil, dengan membaca buku dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

3. Berkumpul Bersama Keluarga

Menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, membuat kita lebih sering bertemu bersama keluraga. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk berkumpul antara satu keluarga. Interaksi dan kebersamaan antara satu keluarga menjadi semakin erat dan terjaga.

Tak ada salahnya kita melakukan aktivitas bersama keluarga, seperti menonton televisi, memasak, berdiskusi, dan masih banyak kegiatan positif lainnya.

4. Mengembangkan Hobi

Berada di dalam rumah, kamu bisa memaksimalkan kesempatan untuk mengembangkan hobimu. Misalnya, kamu bisa menggambar, bermain musik, menulis, memasak, dan banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di dalam rumah. Dengan mengembangkan hobi ini, bakatmu menjadi semakin terasah dan tersalurkan.

Selain itu, kegiatan hobi juga dapat meningkatkan kreativitas, membentuk karakter, meningkatkan konsentrasi, keterampilan sosial, atau bahkan menentukan masa depan yang lebih baik.

5. Olahraga Indoor

Tidak hanya kemampuan intelektual yang perlu diasah, kegiatan fisik juga perlu dilakukan di dalam rumah. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti senam atau stretching. Sempatkan juga berjemur selama 5-10 menit di jam 10 pagi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

6. Ikuti Kelas Online

Selama masa pandemi, banyak juga website yang menyediakan kelas atau pelatihan online. Bahkan beberapa diantaranya bisa diakses secara gratis.

Nah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di internet untuk menambah wawasan dan soft skill baru. Misalnya, kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing, workshop, bahkan seminar online. Kamu bisa tetap produktif dengan melakukan kegiatan ini.

7. Melakukan Donasi

Dimasa krisis seperti ini, banyak orang yang merasakan dampak dari COVID-19. Kamu bisa menyisikan sebagian uang, atau memberikan bantuan untuk meringankan bean mereka. Ada banyak platform yang bisa menjadi perantara untuk memberikan donasi kepada orang-orang yang terkena dampak COVID-19, seperti melalui media kitabisa.com. Mari kita berbaut kebaikan dengan sesama umat manusia demi melawan wabah COVID-19.

Itulah beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan di rumah selama masa pandemi. Tetap jaga kesehatan dan melakukan akrivitas didalam rumah ya. Lakukan kegiatan yang bermanfaat agar tetap produktif dan bermanfaat!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS