Penggunaan Foto dalam Tulisan yang Perlu Kamu Perhatikan sebagai Penulis

Tri Apriyani
Penggunaan Foto dalam Tulisan yang Perlu Kamu Perhatikan sebagai Penulis
Ilustrasi blogging (pixabay/StockSnap)

Penggunaan foto dalam tulisanmu menjadi cara untuk memberikan gambaran nyata dari tulisanmu. Namun kamu harus mengikuti syarat penggunaannya berikut

Suara.com - Apakah kamu seorang penulis yang membutuhkan foto, gambar, dan ilustrasi untuk menghidupkan karyamu di media online? Artikel ini adalah bacaan yang tepat untuk kamu.

Penggunaan foto dalam tulisanmu dapat menjadi cara untuk memberikan gambaran nyata dari tulisanmu. Kamu dapat menggunakan foto yang sangat mewakili tulisanmu sebagai cover di tulisanmu. Kamu juga bisa menyisipkan beberapa foto di tulisanmu.

Sepertinya semua orang jika ingin mencari gambar akan secara langsung melakukan pencarian gambar di Google. Namun sebagai penulis, menggunakan sembarang foto di tulisanmu dapat membuatmu terjerat masalah hukum terkait hak cipta gambar yang kamu gunakan.

Tentu kamu tidak menginginkan hal itu terjadi 'kan? Kamu dapat menggunakan foto dalam tulisanmu apabila sesuai dengan syarat berikut:

1. Dokumentasi Pribadi

Foto, gambar, dan ilustrasi merupakan milik sendiri atau dokumentasi pribadi. Kamu dapat dengan bebas menggunakannya karena itu adalah karyamu sendiri.

2. Izin dan Cantumkan Sumber

Meminta izin terlebih dahulu kepada pencipta foto, gambar, dan ilustrasi bahwa akan menggunakan karyanya. Lalu mencantumkan nama pencipta pada caption foto yang kamu gunakan di tulisanmu.

3. Penyedia Gambar Gratis

Pencipta telah menyatakan bahwa foto, gambar, dan ilustrasi yang dimilikinya boleh dipergunakan untuk ketentuan yang wajar dan penggunaan non-komersil (tidak diperjualbelikan).

Biasanya pencipta akan mengunggah ciptaannya ke situs stock photo atau penyedia gambar yang mewadahi foto, gambar, dan ilustrasi yang telah mendapat izin dari pencipta untuk digunakan secara gratis. Situs penyedia gambar contohnya seperti pixabay, unsplash, dan pexel.

Dalam menggunakan foto dari penyedia gambar gratis ini kamu hanya perlu cantumkan sumber situs penyedia gambar dan nama pencipta di caption foto tanpa perlu meminta izin langsung ke pencipta.

Itulah syarat penggunaan foto dalam tulisan. Ingat-ingat syarat ini ya ketika kamu hendak menggunakan foto dalam tulisanmu!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS