Mengenal Jurnalisme Warga di Media Online

Tri Apriyani
Mengenal Jurnalisme Warga di Media Online
Ilustrasi blogger. [Shutterstock]

Jurnalisme warga adalah istilah untuk masyarakat umum yang mengikuti kegiatan jurnalisme.

Suara.com - Apakah kamu pernah mendengar istilah Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga? Jurnalisme warga sendiri merupakan istilah untuk suatu kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan jurnalisme seperti pengumpulan, pelaporan, analisis, serta penyampaian informasi dan berita.

Singkatnya, jurnalisme warga adalah istilah untuk masyarakat umum yang mengikuti kegiatan jurnalisme. Pelaku jurnalisme warga ini nantinya disebut sebagai jurnalis warga atau citizen journalist.

Dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya penggunaan media online, peluang menjadi jurnalis warga sangat terbuka luas.

Untuk menjadi jurnalis warga, kamu dapat memanfaatkan media yang ada seperti blog, website pribadi, atau mengirimkan tulisan ke media yang mewadahi jurnalisme warga.

Suara.com sendiri memiliki wadah khusus untuk publik bernama Yoursay. Dengan ikut mendaftar member di Yoursay kamu dapat mengirimkan tulisan untuk nantinya diterbitkan di halaman Suara.com.

Cara mendaftarnya adalah dengan mengakses laman arkadia.me lalu isikan data diri dan verifikasi melalui email. Setelah itu kamu dapat mengirimkan tulisan melalui akun Yoursay-mu.

Fungsi dan Peran Jurnalis Warga

Jurnalis warga memiliki fungsi dan peran yang tidak berbeda dengan jurnalis pada umumnya yaitu mengabarkan suatu informasi dalam bentuk produk jurnalis.

Di media online, informasi dituntut untuk didapatkan dan disebarkan dengan cepat. Dengan adanya jurnalis warga, informasi akan lebih mudah diperoleh karena jurnalis warga tak terbatas lokasi, terlebih lagi dengan bantuan teknologi yang semakin canggih.

Produk Jurnalistik dalam Jurnalisme Warga

Jurnalis warga dapat menghasilkan produk jurnalistik seperti jurnalis pada umumnya. Produk jurnalistik yang bisa dihasilkan oleh jurnalis warga adalah sebagai berikut:

1. Berita

Sebagai jurnalis warga, kamu dapat memberitakan kejadian atau peristiwa yang ada disekitarmu. Di media online sendiri, jenis berita straight news atau berita langsung adalah yang paling sering digunakan.

2. Opini

Opini merupakan pendapat dan pandangan tentang suatu kejadian atau peristwa yang terjadi.

3. Listicle

Listicle adalah artikel yang berisikan suatu list atau daftar dengan topik tertentu. Artikel listicle seringnya berbentuk seperti tips, trik, prosedur (tata cara), dan lainnya.

Setelah mengenal jurnalisme warga, apakah kamu salah satu yang tertarik menjadi jurnalis warga? Kamu bisa bergabung dengan Yoursay, wadah untuk jurnalis warga dari Suara.com, dan kirimkan tulisanmu.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS