Tips Mengisi Waktu Luang Pasca Lulus Kuliah

Nabilla Ulfatul Innayah
Tips Mengisi Waktu Luang Pasca Lulus Kuliah
Ilustrasi wisuda (shutterstock)

Manfaatkan waktu luang yang dimiliki pasca lulus kuliah dengan hal-hal yang bermanfaat untuk persiapan ke jenjang berikutnya.

Suara.com - Setelah resmi lulus menjadi seorang mahasiswa dari Perguruan Tinggi, kamu pasti memiliki banyak waktu luang dan kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan potensi di dalam diri.

Beragam cara bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan mencari informasi lowongan pekerjaan. Sembari mencari pekerjaan atau persiapan ke jenjang berikutnya, pastikan kamu memiliki bekal yang cukup ya, Readers!

Nah, kamu bisa lho mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membantu kamu mempersiapkan diri. 

Memperbaiki Curriculum Vitae (CV)

Memperbaiki curriculum vitae (CV) menjadi salah satu hal fundamental yang bisa kamu lakukan sambil mencari informasi lowongan pekerjaan nih, Readers. Hampir semua lowongan pekerjaan membutuhkan CV sebagai salah satu dokumen untuk memenuhi persyaratan pada saat proses pendaftaran.

Pastikan CV yang kamu miliki dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa mencantumkan biodata yang lengkap, jenjang pendidikan terakhir, pengalaman kerja yang relevan, deskripsi pekerjaan yang kamu lakukan, dan kualifikasi yang ada pada dirimu secara ringkas. Kamu juga bisa membuat CV-mu semakin menarik dengan desain yang simple dan enak dibaca. 

Mengikuti Pelatihan-pelatihan Sesuai Bidang yang Diminati

Saat ini, banyak sekali informasi mengenai pelatihan atau workshop untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan tambahan, baik secara daring maupun luring. Kegiatan tersebut juga tersedia dalam berbagai macam bidang, sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan minat kamu.

Banyak situs di internet yang akan membantumu meningkatkan skill tanpa harus menghabiskan banyak uang. Ingatlah bahwa dengan memperdalam skill, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapat pekerjaan. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi kamu untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, kamu juga bisa memperluas jaringan dan memperbanyak relasi. Siapa tahu kamu mendapatkan informasi pekerjaan dari kegiatan-kegiatan yang kamu ikuti lho, Readers!

Belajar Bahasa Asing

Selain mengikuti pelatihan dan workshop, kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan belajar bahasa asing yang belum dan ingin kamu kuasai. Hal ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan kogniftif dan rasa percaya diri.

Dengan belajar bahasa asing, kamu juga bisa membuka kesempatan yang lebih luas untuk dapat bekerja di perusahaan multinasional bahkan internasional. Selain itu kamu keterampilan bahasa asing juga dapat memberi nilai plus pada saat bekerja.

Menjadi Volunteer di Event atau Kegiatan Tertentu

Menjadi seorang volunteer akan sangat menyenangkan nih, Readers! Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru, memperbanyak relasi, belajar event-handling dengan orang-orang yang berpengalaman, bertemu dengan narasumber atau influencer yang keren, dan menambah riwayat pekerjaan kamu di CV. 

Biasanya, informasi mengenai volunteering bisa kamu dapatkan melalui Instagram, Twitter, LinkedIn, dan platform terpercaya lainnya. 

Magang di Perusahaan

Pada beberapa Perguruan Tinggi, kegiatan magang biasanya dilakukan sebelum lulus kuliah atau pada semester tertentu. Namun, kamu juga bisa apply magang di beberapa perusahaan lho. Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar lebih dalam dan merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. Tak jarang, perusahaan juga akan merekrut peserta magang yang berkompetensi dan memiliki integritas. 

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS