Kesulitan Membuat Judul Artikel yang Menarik? Simak 5 Tips Jitu Berikut Ini

Tri Apriyani
Kesulitan Membuat Judul Artikel yang Menarik? Simak 5 Tips Jitu Berikut Ini
Ilustrasi membuat judul artikel (pixabay/werner moser)

Judul artikel yang menarik adalah kunci penting suatu artikel akan dibaca.

Suara.com - Di media online yang sangat ramai akan informasi, bagaimana Anda membuat orang membaca apa yang Anda tulis? Dibutuhkan lebih dari konten yang bagus atau desain yang hebat. Salah satu bagian terpenting dari menulis artikel adalah membuat judul artikel yang menarik.

Judul artikel yang menarik adalah kunci penting suatu artikel akan dibaca. Tentunya judul artikel yang menarik juga harus sesuai dengan isi tulisan alias tidak asal click bait.

Lalu bagaimana kah cara membuat judul artikel menarik? Simak tips berikut ini:

1. Informatif

Tulislah judul sesuai informasi apa yang hendak disampaikan isi tulisan kepada pembaca. Mulailah dengan judul yang menggambarkan ide awal tulisan Anda. Temukan sisi apa yang paling menarik dari tulisanmu untuk dapat ditambahkan ke judul artikel.

2. Ringkas

Judul yang bertele-tele akan membuat pembaca malas untuk melanjutkan membaca isi tulisan. Oleh karena itu, buat lah judul secara ringkas namun bukan berarti dengan judul yang sangat pendek. Ringkas di sini adalah mencari kata-kata yang lebih singkat untuk dijadikan judul yang sesuai dengan isi tulisan.

Idealnya dalam membuat judul adalah sepanjang 10 kata atau sekitar 75 karakter.

3. Gunakan Angka (khusus untuk listicle)

Apabila Anda menulis artikel dalam bentuk listicle, ada baiknya Anda cantumkan angka di judul. Dengan begitu, pembaca akan dibuat penasaran apa saja isi tulisan Anda.

4. Gunakan Kalimat Persuasif

Judul pada artikel sama halnya seperti iklan. Semakin menarik judul atau iklan yang dibuat semakin banyak yang tertarik untuk membeli produk kita atau membaca tulisan kita. Oleh karena itu dibutuhkan kalimat persuasif atau kalimat ajakan yang dapat menarik pembaca untuk melanjutkan membaca isi artikel.

5. Gunakan Kata Kunci

Kata kunci sangat perlu dicantumkan di judul. Pastikan kata kunci yang Anda gunakan adalah kata kunci yang spesifik sesuai isi tulisan Anda.

Misalnya tulisan Anda tentang "tips membuat judul artikel", pastikan kalimat "tips membuat judul artikel" benar-benar ada di judul. Anda tidak bisa hanya menuliskan "tips menulis judul" saja karena dapat membuat pembaca bingung. Bisa jadi orang yang sedang mencari tips menulis judul skripsi malah lari ke artikel Anda karena judul tidak sesuai kata kunci.

Setelah membaca tips di atas, Anda bisa langsung praktikkan saat membuat judul untuk artikel Anda. Selamat mencoba!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS