6 Kegiatan Sebelum Melamar Kerja yang Bisa Kamu Lakukan Selama Pandemi

arief darmawan
6 Kegiatan Sebelum Melamar Kerja yang Bisa Kamu Lakukan Selama Pandemi
Ilustrasi interview kerja (unsplash/Johanna Buguet)

Pekerja dan pelajar dapat mempelajari banyak hal baru ketika berada di rumah dengan tujuan mendapatkan skill baru sehingga menjadi daya jual di pasar tenaga kerja nantinya

Suara.com - Apakah kamu sedang mencari pekerjaan? Namun bingung karena di masa pandemi seperti saat ini semua jadi serba sulit? Artikel ini akan menjawab kebingunganmu dengan memberikan 6 kegiatan yang  bisa kamu lakukan selama pandemi agar kamu bisa diterima kerja. Simak daftar berikut!

  1. Mengikuti Online Course dari Universitas Ternama

Pada masa pandemi,banyak sekali universitas ternama Ivy League seperti Harvard dan Yale yang membuka kelas gratis untuk untuk masyarakat diseluruh dunia. Ketika kita mampu menyelesaikan kelas dengan waktu kurang lebih 4-6 minggu,peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat.

Tentu sertifikat dari universitas ternama dunia akan menarik manajer HRD saat kamu melamar kerja besok. Kelas gratis Ivy Leaugue bisa kamu akses melalui classcentral atau coursera.

  1. Asah Soft Skills dengan memaksimalkan Kartu Prakerja

Pemerintah menjawab permasalahan terkait tenaga kerja dengan program kartu pra kerja yang memberikan tenaga kerja Indonesia terdampak COVID-19 insentif berupa kelas gratis. Bagi peserta yang mampu menyelesaikan kelas dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif berupa uang yang akan ditransfer melalui rekening.

Mengikuti kelas online seperti Skillacademy, Skillshare, dan Udemy akan memberikan nilai lebih ketika mendaftar pekerjaan di perusahaan setelah keadan membaik,terlebih kelas tersebut dibiayai pemerintah sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

  1. Latih Komunikasi dalam Bahasa Asing

Memperbanyak vocabulary dan kefasihan dalam berbahasa asing khususnya Bahasa inggris akan sangat mudah dilakukan ketika kita memiliki waktu luang seperti saat ini. Ketika para pesaing lain bermalas-malasan, kita bisa mengambil Toefl, speaking atau bahan grammar class melalui kelas daring atau menggunakan aplikasi sejuta umat Whatsapp.

Menurut EF EPI (English Proficiency Index), Indonesia menempati peringkat ke-61 dari 100 negara di dunia dalam hal kemahiran berbicara dan menulis dalam bahasa inggris. Memiliki keahlian bahasa asing khususnya bahasa inggris akan meningkatkan bargaining power kamu dimata perusahaan kelak.

  1. Menonton Tayangan Informatif untuk Perkaya Ilmu Pengetahuan

Menonton drama memang merupakan cara cepat untuk membunuh kebosanan. Drama korea mampu membuat kamu enggan beranjak dari kasur seharian. Namun,masih banyak film yang bisa dijadikan referensi sekaligus tempat untuk belajar mengenai sejarah dan perkembangan dunia.

Film seperti The Pursuit of Happyness dan The Big Short yang bercerita tentang perjuangan pialang serta tragedy “bubble” program perumahan di Amerika serikat akan membuka pikiran dan melatih daya kritis Anda

  1. Buat Target Buku Bacaan

Pemikiran seseorang dipengaruhi oleh buku yang dia baca. Semakin banyak buku yang dibaca, maka semakin banyak pula sudut pandang dan pengetahun yang dapat dipelajari.

Orisinalitas, pengetahuan umum, daya berfikir kritis dan problem solving dapat diasah melalui membaca berbagai macam buku seperti Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki atau The 360 Leader karya John C. Maxwell. Buat interviewer takjub kepada argumen dan cara berpikir Anda dengan menggunakan kerangka berpikir yang tepat.

  1. Ikuti Berita tentang Saham dan Perkembangan Dunia

COVID-19 menyebabkan nilai saham di seluruh penjuru dunia menjadi anjlok. Hal ini dapat menjadi peluang bagi investor untuk menata kembali anggaran modal untuk investasi di negara negara yang sudah mulai membaik. 

Harga saham yang turun merupakan peluang untuk membeli lembaran dengan harga murah. Hal ini harus dibarengi dengan analisis yang tepat serta pengetahun yang akurat oleh investor. Mengikuti berita dan belajar perihal saham menjadi hal yang menguntungkan saat melakukan kegiatan dirumah.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS