Apa itu VPS? Yuk Pelajari Apa Itu VPS dan Fungsinya

giovan marcelino
Apa itu VPS? Yuk Pelajari Apa Itu VPS dan Fungsinya
Ilustrasi virtual private server / VPS

Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server pribadi yang seluruh sumber dayanya hanya dapat digunakan oleh satu user saja.

Suara.com - Apakah kalian sudah pernah mengetahui apa itu VPS? Kalau sebelumnya kalian pernah menggunakan layanan hosting seperti shared hosting atau cloud hosting, pasti sudah tidak asing lagi dengan VPS.

Virtual Private Server atau VPS bukanlah sebuah teknologi baru. VPS sudah ditemukan sejak dulu. VPS ini cocok untuk menjadi pilihan bagi kalian yang ingin meng-upgrade­ dari shared hosting biasa ke server yang spesifikasi nya lebih tinggi.

Nah, kira kira seperti itu perkenalan awal dengan VPS. Untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai VPS, mari kita simak penjelasan dibawah ini yaa!

Apa itu VPS?

Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server pribadi yang seluruh sumber dayanya hanya dapat digunakan oleh satu user saja. Pengguna dapat mengendalikan secara penuh semua konfigurasi-konfigurasi dari sumber daya yang ada pada Virtual Private Server ini.

Teknologi yang digunakan VPS ini adalah sebuah teknologi virtualisasi hardware server fisik. Lalu dibagi menjadi beberapa sumber daya berbeda. Dikatakan “virtual” karena pembagiannya dilakukan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

Apa saja sih fungsi VPS itu?

Setelah menjelaskan mengenai apa itu VPS, saya akan sedikit membahas tentang fungsi dari VPS itu sendiri. Berikut beberapa fungsi VPS yang paling banyak diterapkan oleh pengguna:

Fungsi VPS sebagai Server Website untuk mengeksekusi sebuah halaman website.

  • Sebagai File Hosting

Fungsi VPS sebagai File Hosting untuk menyimpan semua file-file kita , baik dokumen kita, foto foto, dan lain lain. Kita juga dapat mengakses file kita di mana saja dan kapan saja.

Fungsi VPS sebagai Layanan VPN. VPS bisa dijadikan Virtual Private Network yang hanya bisa digunakan oleh pengguna yang sudah terdaftar dan yang sudah memiliki akses oleh yang mempunyai server.

  • Uji coba Aplikasi

Fungsi VPS sebagai Uji coba aplikasi. Sebagian programmer akan melakukan uji coba aplikasi yang mereka buat di server VPS.

  • Backup Server Utama

Fungsi VPS sebagai Backup Server Utama adalah untuk melindungi data data kita agar tidak hilang. Karena sering kali server utama mengalami error, sehingga data data kita hilang. Jadi VPS ini dapat digunakan untuk mem-backup data data kita.

Virtual Private Server (VPS) memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya sebagai alternatif shared hosting yang dapat digunakan untuk menyimpan dan dijadikan sebagai web server. Saat menggunakan VPS maka sumber daya yang digunakan tidak terpengaruh dengan pengguna yang lain.

Oleh: Giovan Marcelino, Universitas Trilogi, Teknik Informatika/18107028

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS