6 Tips Mencari Pekerjaan yang Bisa Kamu Coba!

hanif pramono
6 Tips Mencari Pekerjaan yang Bisa Kamu Coba!
Ilustrasi pelamar kerja (Unsplash/@benwhitephotography)

Orang yang sulit mendapatkan pekerjaan bukan berarti akan selamanya menganggur. Terdapat beberapa tips bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan

Suara.com - Mencari pekerjaan memang tidak mudah. Banyaknya saingan dan faktor-faktor lain dapat menghambatmu mendapatkan pekerjaan. Namun, bukan berarti orang yang sulit mendapatkan pekerjaan akan selamanya menganggur. Terdapat beberapa tips bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menghadiri Job Fair

Salah satu yang cukup penting kamu lakukan yaitu carilah Informasi tentang acara job fair dan datanglah untuk mencari pekerjaan. Job fair memberikan banyak sekali informasi lowongan pekerjaan sampai puluhan hingga ratusan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Adapula beberapa lowongan kerja yang langsung memberikan tes kepada pelamar pekerjaan.

2. Tunjukkan Keahlian yang Kamu Miliki

Tunjukkan keahlian yang kamu miliki kepada tempat yang membuka lowongan pekerjaan. Keahlian yang kamu miliki akan memberikan kamu poin tersendiri. Keahlian juga menjadi pertimbangan untuk diterima atau tidaknya pelamar pekerjaan. Kamu bisa menuliskan keahlian yang kamu miliki pada CV. 

3. Membuat CV yang Menarik

Syarat yang paling penting saat kamu akan melamar pekerjaan adalah dengan mengajukan CV atau Curriculum vitae. CV yang kamu buat bukan semata-mata hanya untuk mengetahui data diri kamu, tapi desain CV yang kamu miliki juga akan dinilai. Buatlah CV semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian perusahaan.

4. Mencari Info Lowongan Kerja secara Online

Saat ini informasi lowongan kerja dapat kamu temukan dengan mudah melalui online. Kamu bisa mencarinya melalui website perusahaan, media sosial, dan portal informasi lowongan kerja seperti linkedin, jobstreet, glints, dan lainnya.

5. Buat Surat Lamaran Kerja

Poin penting yang harus kamu lakukan saat ingin melamar pekerjaan adalah dengan membuat surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bersifat resmi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan untuk membuat surat lamaran pekerjaan dengan rapi tanpa ada kesalahan penulisan atau typo. Karena hal ini akan mengurangi poin yang kamu miliki, jadi buatlah surat lamaran pekerjaan yang rapi dan lengkap.

6. Jangan Terlalu Memilih Pekerjaan

Tentu tidak ada yang ngelarang kamu untuk memilih pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Akan tetapi, jangan menjadi orang yang terlalu pemilih dan menutup diri dari kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan. Tidak ada salahnya apabila kamu melamar pekerjaan kepada lebih dari satu perusahaan.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana melamar pekerjaan, maka kamu bisa mempraktikkan tips di atas agar kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa mencari banyak informasi lowongan pekerjaan melalui internet ataupun sosial media yang kamu punya. Jangan lupa untuk menambah koneksi hubungan pertemanan untuk saling sharing pekerjaan yang dibutuhkan. Demikian beberapa tips yang dapat diberikan, semoga dengan tips ini dapat dipermudah dalam mencari pekerjaan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS