Angklung Carehal, Kelompok Musik Tradisional Penghibur Wisatawan Malioboro

muhammad ilham santoso
Angklung Carehal, Kelompok Musik Tradisional Penghibur Wisatawan Malioboro
angklung carehal penghibur wisatawan maliboro (dok. istimewa)

Angklung Carehal adalah sekelompok pemusik yang ada di Malioboro membawakan lagu dengan alat musik tradisional

Suara.com - Yogyakarta sering menjadi tujuan wisata banyak orang, baik wisata mancanegara maupun dalam negara. Wisatawan yang berkunjung ke Jogja rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi Malioboro.

Malioboro paling cocok dikunjungi pada malam hari. Jam operasional Malioboro mulai dari pagi hingga malam sekitar jam 10 Malam.

Ketika berkunjung ke Malioboro kita akan disuguhkan pedagang pakaian dan aksesoris khas jogja, penjual makanan keliling, penyanyi dengan berkebutuhan khusus, serta group musik tradisional.

Berbicara tentang Group Musik Tradisional, bisa kita jumpai di bagian tengah area Malioboro, lebih tepatnya di depan toko “Batik Keris”.

Group Musik Tradisional ini lebih dikenal dengan nama “Angklung Carehal”, nama Carehal sendiri memiliki arti “Cari Rejeki Halal”.

Dari nama Carehal bisa diartikan sebagai apa yang mereka lakukan adalah hal yang positif dan bisa mendapatkan rejeki yang halal dengan membawakan lagu dari alat musik tradisional yang mereka mainkan.

Angklung Carehal menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan Malioboro. Angklung Carehal akan meramaikan suasana Malioboro mulai dari jam 4 sore hingga jam 9 malam.

Anggota Angklung Carehal kurang lebih terdiri dari 8 orang dan sudah memiliki bagiannya sendiri-sendiri, terdapat 6 orang bermain musik, 1 orang penari, dan 1 orang yang keliling jika penonton ingin memberikan uang sebagai apresiasi.

Di sini kita tidak hanya sekedar menikmati musik yang Angklung Carehal bawakan, kita juga bisa request lagu yang kita inginkan dengan memberikan uang sekitar Rp20.000. Mereka nantinya akan membawakan lagunya dengan style atau gayanya sendiri yaitu dengan irama musik tradisional.

Angklung Carehal menggunakan beberapa alat musik tradisional seperti Angklung, Gambang, Basambung, Perkusi, dan Ketipung yang dipadukan menjadi satu-kesatuan harmoni dan irama yang enak didengar. Angklung Carehal sudah menjadi bagian dari Malioboro, Malioboro akan terlihat sepi ketika tidak ada Angklung Carehal.

Angklung Carehal ini adalah group musik yang luar biasa selain turut meramaikan suasana Malioboro di sore hari dan malam hari secara tidak langsung mereka juga memperkenalkan alat musik tradisional yang kita miliki kepada wisatawan mancanegara maupun dalam negara serta turut melestarikan budaya dengan cara memainkan segala jenis genre musik menggunakan alat musik tradisional.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS