Penjualan Mobil Nasional per Oktober 2015 Turun 8 Persen

Adhitya Himawan
Penjualan Mobil Nasional per Oktober 2015 Turun 8 Persen
Ilustrasi mobil bekas (Shutterstock).

Penurunan penjualan mobil nasional di akhir tahun ini mulai membaik dibandingkan awal tahun ini

Suara.com - Pertumbuhan ekonomi yang melambat masih menekan industri otomotif nasional. Ini terlihat dari penjualan mobil nasional yang mengalami penurunan 8,66 persen pada akhir Oktober 2015.

Noegardjito, Sekretaris Jenderal Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan sebetulnya penurunan penjualan mobil nasional sudah semakin mengecil jika dibandingkan awal dan pertengahan tahun ini yang diatas dua digit. “Ini tidak lepas dari realisasi belanja pemerintah yang mulai menggerakkan ekonomi di paruh akhir tahun ini,” kata Noegardjito saat diwawancarai Suara.com, Sabtu (28/11/2015).

Ia menjelaskan belanja pemerintah termasuk pengadaan kendaraan dinas ataupun pelaksanan proyek infrastruktur memberikan pengaruh besar terhadap permintaaan kendaraan. “Setidaknya kebutuhan kendaraan komersial seperti truk pasti akan meningkat,” ujar Noegardjito.

Ia menambahkan tahun ini Gaikindo menargetkan penjualan mobil nasional mencapai 1 juta unit. Jumlah ini lebih rendah dibanding realisasi penjualan mobil nasional tahun 2014 yang mencapai 1,2 juta unit. “Mudahan-mudahan dalam sisa dua bulan, target tahun ini bisa tercapai,” imbuh Noegardjito.

Mengacu data Gaikindo, penjualan mobil di seluruh Indonesia periode Januari-Oktober 2015 mencapai 853.292 unit. Jumlah ini turun dibandingkan periode Januari-Oktober 2014 yang mencapai 934.281 unit.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS