5 Bisnis yang Diuntungkan dengan Adanya Pernikahan

Angelina Donna
5 Bisnis yang Diuntungkan dengan Adanya Pernikahan
Ilustrasi (shutterstock)

Anda bisa memulai bisnis ini dengan sederhana.

Suara.com - Pernikahan adalah suatu momen yang sangat sakral dalam hidup semua orang, baik itu bagi wanita maupun laki-laki. Tidak ada orang yang tidak bahagia dengan momen ini. Bahkan, setiap calon pengantin berharap pernikahannya akan sesuai dengan ekspektasi mereka, baik dari riasan, dekor ruangan, hingga susunan acara dalam pernikahan.

Sayangnya, tidak semua bisa dilakukan sendirian. Tentu harus ada orang yang bisa membantu jalannya prosesi acara. Di sinilah saatnya Anda sadar jika momen tersebut bisa dijadikan sebuah media untuk memulai bisnis yang menjanjikan. Tidak banyak orang yang sadar dengan bisnis ini. Padahal, prospek bisnis wedding planner bisa menguntungkan.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan sederhana. Misalnya, jika Anda  memiliki hobi fotografi, manfaatkan hobi dan kemampuan Anda untuk membuat bisnis jasa foto pre wedding. Tidak hanya itu. Ada banyak bisnis dalam bidang pernikahan yang bisa Anda lakukan seperti yang dikutip dari Cermati.com berikut ini.

1.Fotografer Pre Wedding atau Post Wedding
Tahukah Anda jika hobi fotografi yang Anda miliki bisa dijadikan bekal sebagai skill dalam memulai bisnis di bidang pernikahan. Akan ada banyak sekali yang bisa didapatkan dari fotografi pernikahan. Anda bisa memberikan calon pengantin daftar atau price list untuk pengambilan foto, baik itu untuk pre wedding atau post wedding.

Bisnis di dunia jasa ini masih belum terlalu banyak. Bahkan, bisnis ini tidak bisa ditiru. Sebab setiap fotografer memiliki ciri khas masing-masing. Pastikan Anda juga membuat akun khusus untuk bisnis Anda. Misalnya, di Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Anda bisa mengeksplorasi segala kemampuan Anda dalam dunia fotografi dan menghasilkan uang dari hobi tersebut.

2.Make Up Artist
Bakat atau hobi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk Anda jadikan sebagai bisnis. Hobi berdandan juga bisa Anda jadikan sebagai bisnis. Anda yang memiliki bakat merias wajah bisa menjadikan hobi tersebut sebagai ide bisnis. Pertama, pastikan jika Anda memang memiliki passion di bidang tata rias wajah. Sebab passion yang Anda miliki bisa bermanfaat dalam dunia bisnis.

Anda bisa menjadi seorang make up artist pernikahan atau lebih tepatnya membuat usaha bisnis dalam bidang bridal make up. Bisnis ini sendiri sebenarnya bisa digabungkan dengan fotografi, Anda bisa membuat bisnis bersama saudara, teman, atau bahkan pasangan yang memiliki hobi fotografi.

Ada banyak sekali jenis make up yang bisa Anda jadikan pilihan untuk klien nantinya, misalnya make up pengantin, make up untuk pre wedding atau make up untuk post wedding. Gali terus potensi diri Anda untuk membangun bisnis yang menguntungkan.

3.Catering
Memasak tidaklah menjadi sebuah kewajiban atau hal yang harus dilakukan wanita pada zaman yang sudah modern ini. Memasak bisa dilakukan siapa saja, baik itu laki-laki maupun perempuan. Bahkan, memasak kini bisa dilakukan karena hobi. Tidak jarang orang di dunia ini yang memiliki hobi masak dan mengkesplorasi berbagai jenis makanan untuk membuat resep yang baru.

Namun, tahukah Anda? Memasak bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Catering adalah nama lain dari jasa penyedia makanan untuk acara. Catering bisa dipesan untuk berbagai acara seperti ulang tahun, arisan, dan acara pernikahan.

Anda bisa mengeksplorasi kemampuan memasak dan memanfaatkannya sebagai salah satu bisnis yang cukup menguntungkan hingga di masa mendatang.

4.Souvenir
Jasa pembuatan souvenir atau jasa penyedia souvenir bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara yang sederhana. Misalnya, klien meminta souvenir handuk untuk mandi.

Anda bisa mendapatkan handuk tersebut ditempat grosiran. Bahkan, Anda bisa mendapatkan harga termurah sehingga keuntungan akan menjadi milik Anda. Pastikan perhitungan Anda tidak meleset, baik itu dari harga jenis souvenir maupun harga yang Anda berikan pada klien tersebut.

5. Wedding Planner
Bisnis wedding planner adalah jenis bisnis yang tidak ada matinya. Sebab bisnis ini bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik itu Anda maupun klien. Bisnis yang satu ini akan memberikan Anda banyak sekali pengalaman yang berharga. Selain itu, Anda juga akan bermain dengan yang namanya waktu dan kreativitas.

Jangan beranggapan jika bisnis ini membosankan. Sebab justru bisnis wedding planner ini menjadi salah satu bisnis yang menantang dan asyik. Anda bisa menjalin hubungan dengan banyak relasi. Misalnya, agen bunga, agen penyewaan gedung, make up artist, fotografer atau videografer, catering, dan bahkan para artis.

Kemampuan Anda dalam berbicara juga sangat diperlukan dalam bisnis wedding planner. Sebab tentu Anda akan bertemu dengan banyak orang dan harus memiliki pengetahuan yang seimbang dengan setiap partner.

Bagaimana Cara Menjaga Kualitas Bisnis Jasa Di Bidang Pernikahan?
Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis jasa di bidang pernikahan adalah konsisten dan progres.

Percuma jika Anda konsisten namun tidak ada progres. Dan tidak akan mungkin ada progres jika Anda tidak konsisten. Memiliki bisnis jasa di bidang pernikahan memang tidaklah mudah. Karena itu, Anda harus mampu berkembang demi memiliki wedding planner yang berkualitas.

Pastikan jika Anda selalu up to date dalam hal apa pun. Jalin relasi dengan banyak orang, terutama di dunia bisnis yang sama. Dan yang paling penting adalah pastikan jika Anda memiliki attitude atau kemampuan berbicara yang baik agar nantinya klien merasa nyaman untuk membicarakan pernikahan  yang mereka impikan.

Published by

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS