Agar Untung, Ini Cara Penggunaan Kartu Kredit yang Benar!

Arsito Hidayatullah
Ilustrasi pengguna kartu kredit. (Shuttertstock)
Ilustrasi pengguna kartu kredit. (Shuttertstock)

Penggunaan kartu kredit juga tak boleh sembarangan dan harus berhati-hati.

Suara.com - Sejatinya, punya kartu kredit sebetulnya bisa membawa banyak keuntungan yang tak akan didapat jika menggunakan kartu debit atau bahkan uang tunai. Sebab, selain praktis, baik itu belanja offline maupun online, kartu kredit juga menawarkan lebih banyak keuntungan seperti cashback, diskon, dan juga rewards.

Meski begitu, penggunaan kartu kredit juga tak boleh sembarangan dan harus berhati-hati. Sebab jika terlena dengan kemudahannya, Anda malah bisa terjebak lilitan utang yang akan membuat keuangan menjadi sulit.

Agar tak terlena dan terjerat utang yang tidak sehat bagi keuangan, Anda harus bijak dalam menggunakannya. Penasaran bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa hal yang harus diikuti dalam penggunaan kartu kredit agar untung.

1. Perbaiki cara berpikir Anda

Kartu kredit bukanlah "kartu ajaib" yang akan mengabulkan semua permintaan ketika menggeseknya. Jadi, perbaiki cara Anda berpikir tentang penggunaan kartu kredit, sebab kartu tersebut adalah kartu utang. Semakin sering kartu digesek, berarti semakin bertambah pula utang.

Itulah mengapa penggunaannya perlu dikontrol dengan hati-hati dan dibandingkan dengan kemampuan finansial. Jangan sampai kehilangan kontrol hingga membuat Anda sendiri kewalahan untuk melunasi tagihan yang membludak.

Pastikan jika tagihan selalu terbayar tepat waktu, dan rekening terisi saldo yang mencukupi untuk membayar tagihan penggunaan kartu kredit. Tanamkan pula pada pola pikir bahwa jangan menggunakan kartu kredit sebagai sarana menumpuk utang konsumtif, tetapi gunakan sebagai alat bayar multifungsi, kemudian pergunakan secara tepat.

2. Dua kartu kredit saja cukup

Bila Anda termasuk pengguna yang konsumtif, ada baiknya untuk membatasi kepemilikan kartu kredit maksimal hingga dua kartu saja. Sebab jika berlebihan dan keterusan, kartu tersebut tak hanya membawa manfaat, tetapi sekaligus menambah porsi utang.

Belum lagi ditambah bunga yang terus berjalan jika belum membayar lunas setiap tagihan datang, serta iuran wajib tahunan bagi pemegang kartu. Bila kartu yang dimiliki lebih dari dua, coba pikirkan dulu dari mana Anda akan melunasi tagihannya jika gaji pas-pasan sementara belanja banyak.

Namun sebelum menutup atau mempertahankan kartu yang ingin Anda gunakan, pertimbangkan lagi apa saja kelebihan dan kekurangan yang Anda peroleh. Lalu, pilihlah kartu mana yang benar-benar bermanfaat dan mana yang tidak.

3. Cermati beban bunga tagihan

Perhitungan bunga yang dikenakan pada utang kartu kredit sangat berbeda dengan perhitungan bunga pada jenis utang lainnya. Ada baiknya untuk selalu membayar penuh seluruh total tagihan sebelum tanggal jatuh tempo, agar tidak dikenakan beban bunga.

Jika tagihan yang bisa Anda bayarkan dari seluruh total tagihan hanya minimum, bunganya tentunya juga akan lebih besar, hingga Anda melunasi semua tagihannya sampai tuntas. Jadi, jangan senang dahulu ketika bisa menggesek kartu sesuka hati untuk ini dan itu, sebelum memahami bagaimana perhitungan bunga yang akan dibebankan dengan cermat.

Pahami Risikonya, Manfaatkan Kelebihannya

Siapa pun bisa memiliki dan menggunakan kartu kredit dengan mudah. Tetapi, jangan sampai kemudahan yang diperoleh membuat Anda kebablasan. Pahami apa saja risiko atau kelemahan saat bertransaksi dengan kartu kredit, kemudian sebisa mungkin hindari.

Tetapi juga, jangan lupa untuk memanfaatkan kelebihan serta benefit yang ada di dalamnya, supaya semakin menunjang transaksi keuangan yang kini mulai serba digital dan cepat. Singkatnya, perbaiki pola pikir agar tak terjebak pikiran yang sempit yang akhirnya merugikan.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Transaksi Kartu Kredit Kena Biaya 3%? Ini Cara Melaporkannya!

Lebih Untung Mana, Kartu Kredit atau Kartu Debit?

10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS