Datang ke Filipina, Presiden Cina Disambut Meme Winnie The Pooh

Iwan Supriyatna | Dian Kusumo Hapsari
Datang ke Filipina, Presiden Cina Disambut Meme Winnie The Pooh
Larangan posting Winnie the Pooh di Cina. [Twitter]

Kedatangan Xi Jinping ini untuk menjajaki berbagai proyek raksasa.

Suara.com - Presiden Cina Xi Jinping pada Selasa (20/11/2018) mendatangi Filipina. Ini merupakan kunjungan perdananya di kawasan Asia Pasific.

Kedatangan Xi Jinping ini untuk menjajaki berbagai proyek raksasa bernilai jutaan dolar Amerika Serikat di Filipina.

Filipina sendiri merupakan sekutu lama AS dan saat ini menjadi negara yang diperebutkan Cina dan Washington yang sedang berupaya menegakkan supremasi di kawasan Asia Pasific.

Cina mendapatkan mitra baru ketika pemilihan umum 2016 memunculkan Rodrigo Duterte sebagai presiden. Kebijakan Duterte memperkuat perdagangan dan hubungan investasi dengan Cina menggoyang ikatan satu abad Filipina - AS.

Xi Jinping disambut hangat di bandara Manila sebagai presiden Cina pertama yang berkunjung ke negeri itu dalam 13 tahun terahir.

Sejak 2013, Cina sudah menyebar miliaran dolar AS ke berbagai kawasan untuk meningkatkan pengaruh politiknya.

Namun, ada kejadian menarik sesaat sebelum Xi Jinping mendarat di Filipina. Di media sosial, beredar meme yang menggambarkan Presiden Xi Jinping sebagai tokoh kartun Winnie The Pooh.

Seperti dilansir The Philippine Inquirer, kedatangan tamu istimewa itu dijadikan bahan lelucon. Tokoh komik yang digambarkan sebagai "beruang berotak kecil" pada masa lalu digunakan netizen untuk mengolok-olok Xi Jinping. Lelucon ini pun langsung direspons oleh badan sensor Beijing.

Dalam satu potongan video yang diunggah Selasa, Pooh membungkuk di depan cermin sementara frasa "Sembah Setan" berkedip di layar. Di meme lain, Pooh mengapung di dekat sebuah pulau buatan yang dibangun Beijing di Laut Cina Selatan, suatu area yang kini menjadi sengketa antara Filipina dan Cina.

"Karena Winnie the Pooh dilarang di Cina, karena dia (Pooh) adalah gambar identik Xi Jinping, mari kita protes kehadirannya (Xi Jinping) dengan menggungah foto-foto dirinya dengan kembarannya," ujar seorang pengguna Facebook bernama Wilfredo Garrido.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS