Gunung Soputan Erupsi, Aktivitas di Bandara Sam Ratulangi Belum Terdampak

Iwan Supriyatna
Gunung Soputan Erupsi, Aktivitas di Bandara Sam Ratulangi Belum Terdampak
Ilustrasi bandara (Shutterstock)

"Sampai saat ini, penerbangan di Bandara Samrat masih berjalan normal,"

Suara.com - Letusan Gunung Soputan belum mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Sampai saat ini, penerbangan di Bandara Samrat masih berjalan normal," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Angga Maruli di Manado, Minggu.

Dia menambahkan sampai saat ini masih belum ada pengaruh dan operasional berjalan lancar.

"Kami tetap akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memonitor aktivitas Gunung Soputan," ujarnya.

Untuk diketahui, Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulut kembali erupsi sebanyak tiga kali sejak Minggu tengah malam.

Berdasarkan data Pos Pemantau Gunung Soputan di Silian, erupsi pertama terjadi pada pukul 01:02 Wita dengan aplitudo 40 milimeter disertai suara gemuruh.

"Letusan kedua terjadi pukul 03:09 Wita, dengan tinggi kolom abu mencapai 3.000 meter dari puncak gunung. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam dalam seismograf dengan aplitudo 40 milimeter," jelas Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan, Asep Saifullah di Silian.

Sementara pada pukul 05:40 Wita kembali terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 7.000 meter dari puncak gunung. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS