Jangan Bingung, Begini Cara Gampang agar Anda Lebih Produktif!

Arsito Hidayatullah
Jangan Bingung, Begini Cara Gampang agar Anda Lebih Produktif!
Ilustrasi bekerja, menjadi orang yang produktif, produktivitas. [Shutterstock]

Yang perlu diingat, produktif bukan hanya soal seberapa banyak kita bisa menghasilkan sesuatu.

Suara.com - Menjadi produktif tentunya jadi keinginan setiap insan. Saking ingin produktifnya, tak jarang seseorang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan banyak hal. Padahal, produktif bukan hanya soal seberapa banyak kita bisa menghasilkan sesuatu.

Lebih dari itu, produktif ialah tentang bagaimana sesuatu yang dihasilkan itu juga memiliki kualitas dan dampak yang signifikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Lalu, bagaimana cara agar bisa benar-benar produktif?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih produktif.

1. Memiliki Tujuan yang Jelas dan Membuat Daftarnya

Untuk menjadi seseorang yang benar-benar produktif, setiap hal yang hendak Anda lakukan haruslah memiliki tujuan yang jelas, sehingga apa yang nanti bakal dihasilkan benar-benar berkualitas dan bermanfaat.

Anda bisa memulainya dari hal kecil, seperti membuat "to-do-list" sesaat sebelum tidur. Jadi, keesokan harinya Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Dengan membuat daftar aktivitas di hari berikutnya, maka Anda memiliki tujuan yang jelas setiap kali hendak beraktivitas. Uraikan sesuai dengan jenis kegiatan, seperti kegiatan di rumah, tempat kerja, dan lainnya. Urutkan kegiatan-kegiatan tersebut berdasarkan tingkat urgensinya.

2. Utamakan Proses, Bukan Hasil

Dalam melakukan sesuatu, tentu hasil yang sempurna adalah tujuannya. Hal ini tak jarang membuat banyak orang terlalu fokus pada hasil.

Kendati hal ini tidak salah, namun nyatanya untuk menjadi seseorang yang produktif, Anda harus mengubah pola pikir. Proseslah yang sebenarnya harus diutamakan. Tanpa proses yang baik, maka mustahil rasanya untuk mendapatkan hasil yang baik pula.

3. Totalitas di Waktu yang Tepat

Untuk menjadi seseorang yang produktif, maka Anda harus tahu kapan saatnya Anda harus total mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak ada kata membuang-buang waktu untuk sesuatu hal yang kiranya kurang penting untuk dilakukan.

Ibarat kata sedang mengendarai mobil, maka orang yang produktif tahu apa yang harus dilakukan agar perjalanan senantiasa aman dan cepat. Sementara orang yang tidak produktif biasanya hanya mementingkan laju kecepatan saja, tanpa terlalu memikirkan faktor keamanannya.

4. Menyadari Batas Kemampuan Diri

Bukan berarti tidak ambisius, namun dengan menyadari sejauh mana kemampuan diri dalam mengerjakan suatu hal, cenderung membuat seseorang lebih santai dan fokus, sehingga nantinya berdampak pada hasil yang baik pula.

Dengan menerapkan tips ini, maka ketika menyadari sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda akan merasa senang dan bangga atas hasil yang diraih. Anda pun akan berfokus untuk menghasilkan yang lebih baik lagi di tugas selanjutnya.

5. Mampu Menilai dan Menghargai Diri Sendiri

Hampir sama dengan poin sebelumnya, orang yang produktif senantiasa menilai dirinya secara objektif dan realistis. Anda jadi tahu apa yang menjadi kekurangan maupun kelebihan diri.

Dengan begitu, ketika tengah berada di dalam kesulitan, Anda tahu kepada siapa akan meminta bantuan guna menyelesaikan pekerjaan. Pun, Anda tahu bagaimana memaksimalkan potensi yang dimiliki.

6. Rajin Bangun Pagi

Bangun di pagi hari dengan suasana yang masih sejuk, tentu saja secara tidak langsung turut mempengaruhi mood Anda.
Dengan bangun dan berkegiatan di pagi hari, tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar, sehingga Anda pun jadi lebih produktif. Jadikanlah kegiatan bangun pagi sebagai suatu kebiasaan yang tidak boleh terlewatkan.

7. Disiplin Waktu

Dalam hal apa pun, kedisiplinan adalah kunci utama sebuah keberhasilan, termasuk jika Anda ingin menjadi orang yang produktif. Usahakan untuk selalu taat terhadap jadwal kegiatan yang telah Anda tetapkan.

Jika nantinya ada satu pekerjaan yang belum terselesaikan, padahal sudah melebihi batas waktu, sebaiknya tidak dilanjutkan karena kalau pun Anda memaksa untuk tetap melanjutkan, hasilnya tidak akan maksimal. Maka, berusahalah untuk disiplin waktu agar produktivitas Anda tetap terjaga.

Mudah Meraih Sukses dengan Lebih Produktif

Menjadi produktif bukan berarti Anda harus mengorbankan tubuh Anda hanya untuk bekerja. Intinya, lakukan segala sesuatu dengan cerdas dan manfaatkan potensi diri secara bijaksana. Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk bisa menjadi orang yang lebih produktif. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Cermati lainnya:

6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja

Miliki Disiplin Kerja dengan 5 Strategi Ini

Wawancara Kerja? Ini 10 Pertanyaan yang Terlarang untuk Diajukan

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS