Supaya Mandiri, Bos Tokopedia Minta Pemerintah Tak Manjakan UMKM

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Supaya Mandiri, Bos Tokopedia Minta Pemerintah Tak Manjakan UMKM
CEO Tokopedia William Tanuwijaya. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Jika UMKM terlalu sering diberikan angin surga atau harapan, justru hanya akan membuat UMKM tersebut tak menjadi maju.

Suara.com - CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, banyak cara bisa membuat UMKM naik kelas. Salah satunya, pemerintah tak selalu membuat program yang mengasihani UMKM.

Menurut William, jika UMKM terlalu sering diberikan angin surga atau harapan, justru hanya akan membuat UMKM tersebut tak menjadi maju.

"UMKM yang sebenarnya itu entrepreunershipnya tinggi sekali. Mereka itu fighter dan bagaimana mereka bisa buat ini itu jadi keren," kata William di Kementerian Koperasi dan UKM, Senin (4/11/2019).

Menurut William, pemerintah harusnya mendorong UMKM jadi juara di pasar dalam negeri terlebih dahulu sebelum masuk ke pasar global.

"Jadi kita harus mikir bagaimana brand-brand Indonesia ini bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri terlebih dahulu," ucapnya.

Setelah menjadi raja di negeri sendiri, William ingin UMKM Indonesia untuk segera mengembangkan usahanya agar merambah pasar global.

"Bagaimana UMKM bisa naik kelas menjadi brand brand masa depan Indonesia. Hampir semua perusahaan besar yang melegenda di Indonesia seperti Djarum, Indofood Wings Grup Mayora awalnya juga UMKM. Tokopedia sendiri pun sekarang jadi brand besar dunia awalnya juga UMKM," tambahnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS